PENGEMBANGAN BUKU PELAJARAN FISIKA BERBASIS TPACK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH SISWA SMA KELAS X SEMESTER GENAP

KINANTI FADILLAH KUSUMA, . (2021) PENGEMBANGAN BUKU PELAJARAN FISIKA BERBASIS TPACK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH SISWA SMA KELAS X SEMESTER GENAP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan buku pelajaran fisika berbasis TPACK yang dapat melatih keterampilan penyelesaian masalah siswa SMA kelas X semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model Dick & Carey. Instrumen penilaian kelayakan terhadap buku yang dikembangkan pada penelitian ini berupa angket dan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif menggunakan skala kontinum. Hasil penelitian ini telah divalidasi oleh para ahli, yaitu ahli media buku ajar, ahli materi fisika, dan ahli pembelajaran, serta uji coba penggunaan produk oleh guru dan siswa SMA. Buku pelajaran fisika ini telah melalui tahap uji validasi dengan persentase 84,9% menurut ahli media, 75,7% menurut ahli materi, dan 75,9% menurut ahli pembelajaran. Uji coba buku pelajaran fisika ini dilakukan kepada guru fisika di SMA Negeri 59 Jakarta dan SMA Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor dengan peesentase capaian sebesar 91,6% menurut pendidik dan 88.4% menurut persepsi peserta didik. Nilai effect size berdasarkan pre test dan post test yang diujikan kepada peserta didik, diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 0,93 dengan interpretasi yaitu produk yang dikembangkan, yaitu buku pelajaran fisika berbasis TPACK memiliki pengaruh yang kuat untuk melatih keterampilan penyelesaian masalah peserta didik Berdasarkan hasil validasi dan uji coba penggunaan produk buku pelajaran fisika berbasis TPACK untuk melatih keterampilan penyelesaian masalah siswa SMA kelas X semester genap dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik. ********** This study aims to develop and produce TPACK-based physics textbook that can practice problem-solving skill for X grade high school students in even semester. The research method used is Research and Development with the Dick & Carey model. The instrument is based on a book developed in this research in form of questionnaire and analyzed by qualitative analysis techniques using a continuum scale. The results of this study have been validated by experts, namely textbook media expert, physics material expert, and learning expert, as well as testing the use of product by teachers and high school students. This physics textbook has gone through the validation test phase with a percentage of 84.9% according to media expert, 75.7% according to material expert, and 75.9% according to learning expert. This physics textbook test was conducted on physics teachers at SMA Negeri 59 Jakarta and SMA Negeri 1 Dramaga Bogor with a percentage of achievement 91.6% according to teachers and 88.4% according to students' perceptions. The effect size value based on the pre-test and post-test tested on students obtained a total average of 0.93 with the interpretation that the product developed, TPACKbased physics textbook has a strong influence on practicing students' problem solving skill. TPACK-based physics textbook to practice problem-solving skill for X grade high school students in even semester is suitable to be used as independent learning resources for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fauzi Bakri, M.Si. ; 2). Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 12248 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:40
Last Modified: 14 Sep 2021 07:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20023

Actions (login required)

View Item View Item