PENGARUH KONTROL DIRI DAN CELEBRITY WORSHIP TERHADAP PEMBELIAN KOMPULSIF PADA PENGGEMAR K-POP

HANIIFAH DIAH NUR'AINI, . (2021) PENGARUH KONTROL DIRI DAN CELEBRITY WORSHIP TERHADAP PEMBELIAN KOMPULSIF PADA PENGGEMAR K-POP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri dan celebrity worship terhadap pembelian kompulsif pada penggemar K-Pop. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 192 partisipan, yaitu 2 partisipan laki-laki dan 190 partisipan perempuan yang merupakan penggemar K-Pop usia 18 – 40 tahun. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kontrol diri adalah Self Control Scale, celebrity worship diukur dengan instrumen Celebrity Attitude Scale, sedangkan pembelian kompulsif diukur dengan instrumen Compulsive Buying Measurement Scale. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan analisis statistik uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa p=0,00 & R square = 0.285, artinya terdapat pengaruh kontrol diri dan celebrity worship dengan pembelian kompulsif pada penggemar K-Pop sebesar 28,5%. Secara rinci dimensi yang signifikan memengaruhi pembelian kompulsif adalah kontrol diri dan borderline-pathological. Sedangkan untuk dimensi lainnya seperti entertainment-social dan intense-personal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian kompulsif. This study aims to determine the effect of self control and celebrity worship with compulsive buying of K-Pop fans. This study was used a quantitative method by distributing questionnaires to 192 participants, which are 2 male participants and 190 female young adult K-Pop fans. The instrument that are used to measure self control is Self Control Scale, celebrity worship measured by Celebrity Attitude Scale, while compulsive buying measured by Compulsive Buying Measurement Scale. The statistical analysis for testing the hypothesis is multiple linear regression test. The result showed that p = 0.00 & R square = 0.285, meaning that there was an effect of self control and celebrity worship with compulsive buying in K-Pop fans by 28,5%. In detail the significant dimensions that influence compulsive buying are self control and borderline-pathological. As for other dimensions such as entertainment-social and intense-personal no significant effect on compulsive buying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Erik, M.Si. ; 2). Deasyanti, Ph.D.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 12488 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:16
Last Modified: 14 Sep 2021 07:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20062

Actions (login required)

View Item View Item