PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY CARD OF QUR’AN(ARCOQ) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENYIMAK AL-QUR’AN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

MAULIDA HIDAYATI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY CARD OF QUR’AN(ARCOQ) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENYIMAK AL-QUR’AN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan bahasa sebagai salah satu kemampuan dasar bagi anak yang berperan penting terhadap kelangsungan hidup manusia. Kemampuan menyimak anak usia dini adalah salah satu kemampuan dari berbahasa. Salah satu kegiatan menyimak yang dapat dilakukan oleh anak yaitu kegiatan menyimak Al-Qur'an. Kurangnya stimulus yang didapat oleh anak menjadikan kurang maksimalnya kemampuan menyimak yang anak miliki. Maka diperlukannya upaya untuk menstimulasi kemampuan menyimak anak sejak dini dengan menggunakan media, terutama dalam menyimak Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun serta membantu guru dan orang tua untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran bagi anak khususnya kemampuan menyimak Al-Qur'an pada anak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di TK Islam Arafah, Menteng Atas, Jakarta Selatan. Responden dalam penelitian ini yaitu 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 4 orang anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media Augmented Reality Card of Qur'an (ARCOQ). Berdasarkan hasil uji coba pada ahli media dikategorikan sangat layak mengasilkan presentase sebesar 85% dan masuk kategori sangat layak dengan presentase sebesar 81.25% dari ahli materi. Serta hasil uji coba lapangan pada 4 orang anak menghasilkan presentase sebesar 95% dan dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba penelitian, Augmented Reality Card of Qur'an (ARCOQ) dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan menyimak Al-Qur'an pada anak usia 5-6 tahun. Language development is one of the basic abilities for children that plays an important role in human survival. The ability to listen to early childhood is one of the skills of language. One of the listening activities that can be done by children is listening to the Qur'an. The lack of stimulus obtained by the child makes the child's listening ability less than optimal. Therefore, efforts are needed to stimulate children's listening skills from an early age by using media, especially in listening to the Qur'an. This study aims to stimulate the listening ability of children aged 5-6 years and to help teachers and parents to innovate in learning develop learning media for children, especially the ability to listen to the Qur'an in children. This study uses the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research was conducted at TK Islam Arafah, Menteng Atas, Jakarta Selatan. Respondents in this study were 2 media experts, 2 material experts and 4 children aged 5-6 years. This research is an Augmented Reality Card of Qur'an (ARCOQ) media development research. Based on the results of trials on media experts, it is categorized as very feasible to produce a percentage of 85% and is included in the very feasible category with a percentage of 81.25% from material experts. And the results of field trials on 4 children resulted in a percentage of 95% and categorized as very feasible. Based on the results of research trials, Augmented Reality Card of Qur'an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin M.Pd. ; 2). Dr. Sri Wulan, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 12812 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:19
Last Modified: 13 Sep 2021 07:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20066

Actions (login required)

View Item View Item