Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik di SD Daarul Qur’an Kalibata City

SITI MUNAWAROH, . (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik di SD Daarul Qur’an Kalibata City. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf

Download (109kB)

Abstract

ABSTRAK Wabah Corona membuat segala bidang kehidupan mengalami perubahan rutinitas, termasuk dalam bidang pendidikan. Semula belajar secara offline namun saat ini harus belajar secara online. Setiap guru harus mengajar secara kreatif dengan berbagai sumber media pembelajaran yang interaktif, hal tersebut agar pembelajaran dapat terhubung dengan baik salah satunya pada mata pelajaran matematika. Beragam pendekatan pembelajaran dilakukan ketika mengajar agar siswa mampu memahami setiap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SD Daarul Qur’an Kalibata City, (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring materi pecahan senilai di kelas 4 SD Daarul Qur’an Kalibata City, (3) Mengetahui hasil pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SD Daarul Qur’an Kalibata City. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Daarul Qur’an Kalibata City. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru matematika, orang tua, dan siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan menggunakan teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif. Pengecekan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 dalam mata pelajaran matematika di SD Daarul Qur’an Kalibata City, terkait dengan kurikulum, silabus, dan RPP yang dipakai guru dalam merencanakan pembelajaran dilakukan secara daring masih sama seperti pembelajaran offline. Proses pembelajarannya menggunakan aplikasi zoom. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran daring materi pecahan senilai di kelas 4 SD Daarul Qur’an Kalibata City berjalan dengan lancar. Walaupun ada hambatan tetap bisa diselesaikan. (3) Adapun hasil pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SD Daarul Qur’an Kalibata City yang dilakukan oleh guru yaitu dengan mengirimkan soal latihan setelah selesai pembelajaran. Selain itu dibantu dengan ulangan harian, UTS, UAS, dan UKK. Semua itu dilaksanakan menggunakan aplikasi google form. Kata Kunci : Pembelajaran daring, Mata pelajaran Matematika, Pendekatan saintifik ABSTRAC The Corona outbreak has made all areas of life experience routine changes, including in the field of education. Initially learning offline but now have to learn online. Every teacher must teach creatively with various sources of interactive learning media, so that learning can be well connected, one of which is mathematics. Various learning approaches are carried out when teaching so that students are able to understand each learning material. This study aims to (1) determine the online learning plan for mathematics subjects at SD Daarul Qur'an Kalibata City, (2) determine the implementation of online learning for equivalent fractions in grade 4 SD Daarul Qur'an Kalibata City, (3) determine the results online learning on mathematics subjects at SD Daarul Qur'an Kalibata City. This research uses a qualitative approach with the type of case study research (case study). The location of this research is SD Daarul Qur'an Kalibata City. Sources of data in this study were principals, waka curriculum, mathematics teachers, parents, and grade 4 students. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The sampling technique in this study used primary and secondary data, using data analysis techniques, namely using descriptive analysis techniques. Checking the validity of the data using the degree of confidence, transferability, dependence, and triangulation of sources. The results of the study revealed that: (1) Online learning planning during the COVID-19 pandemic in mathematics subjects at SD Daarul Qur'an Kalibata City, related to the curriculum, syllabus, and lesson plans used by teachers in planning online learning is still the same aslearning offline. The learning process uses theapplication zoom. (2) The process of implementing online learning of fractions worth in grade 4 SD Daarul Qur'an Kalibata City went smoothly. Even if there are obstacles, they can be solved. (3) The results of online learning on mathematics subjects at SD Daarul Qur'an Kalibata City carried out by teachers are by sending practice questions after finishing learning. In addition, it is assisted with daily tests, UTS, UAS, and UKK. All of this is done using theapplication Google Forms. Keywords: Online learning, Mathematics subject, Scientific approach

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Makmuri, M.Si 2) Prof. Dr. Sarkadi, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Matematika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 12747 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:48
Last Modified: 15 Sep 2021 09:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20140

Actions (login required)

View Item View Item