PENGEMBANGAN PERMAINAN NGADU KALÉCI BERBASIS ANGKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN

RIRIN NURCHOLIDAH ANISA, . (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN NGADU KALÉCI BERBASIS ANGKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (888kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan ngadu kaléci berbasis angka yang layak untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika materi faktor dan kelipatan bilangan. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan Borg dan Gall yang dilakukan pembatasan. Teknik pengumpulan data analisis data yang dilakukan dalam peneilitian ini berupa data yang diperoleh melalui angket dalam penilaian kelayakan yang dengan penghitungan nilai rata-rata melui hasil yang diperoleh. Hasil validasi pengembangan permainan ngadu kaléci berbasis angka dilakukan oleh tiga orang ahli yang berbeda yaitu, ahli media, ahli materi dan ahli permainan menunjukkan rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 3,2 dengan kategori baik untuk dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi faktor dan kelipatan bilangan. Adapun hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 6 orang siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 3,45 dengan kategori sangat baik dan hasil penilaian kelayakan oleh guru ahli kelas IV diperoleh rata-rata skor sebesar 3,25 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan ngadu kaléci berbasis angka layak untuk dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas IV di sekolah dasar. Kata kunci : Permainan Ngadu Kaléci, Faktor dan Kelipatan Bilangan This research wass intended to produce a traditional game ngadu kaléci number to be applied in learning mathematics on factors and multiples of numbers. This research method was a research and development (R&D) research method by applying the Borg and Gall development model with restrictions. The data collection technique is the data analysis carried out in this research in the form of data obtained through a questionnaire in the feasibility assessment by calculating the average value through the results obtained. The results of the validation of the development of traditional game ngadu kaléci number carried out by three different experts, namely media experts, material experts and game experts showed an overall average score of 3.2 with good categories to be used in learning mathematics on factor and number multiples . The results of small group trials conducted on 6 students obtained an average score of 3.45 in the very good category and the results of the feasibility assessment by expert teachers for class IV obtained an average score of 3.25 in the good category. Based on the results of the study, it can be concluded that the traditional game ngadu kaléci number is feasible to be used in fourth grade mathematics learning in elementary schools. Keyword: Ngadu Kaléci, Factors And Multiples Number

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) . Dr. Lukita Ambarwati, M.Si. 2) . Deasyanti, M.Psi., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 12731 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:54
Last Modified: 15 Sep 2021 09:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20146

Actions (login required)

View Item View Item