PENGARUH GENDER ANAK DAN LINGKUNGAN LITERASI DI KELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

ESRA SANGELIA SINAGA, . (2021) PENGARUH GENDER ANAK DAN LINGKUNGAN LITERASI DI KELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun ditinjau dari gender anak dan lingkungan literasi di kelas TK B di Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat ex post facto. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dengan terlebih dahulu menentukan area sampel dalam populasi dengan teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan 72 data kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan instrumen untuk mengukur kemampuan membaca permulaan anak dan kualitas lingkungan literasi di kelas TK B. Analisis data menggunakan analisis varians (Anava) dua jalan untuk menguji efek utama A dan efek utama B serta pengaruh interaksi antara A dan B, pengujian selanjutnya menggunakan Independent-Samples T Test untuk menguji perbedaan rata-rata antar sel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca permulaan anak perempuan tidak sama dengan anak laki-laki (2) Terdapat interaksi antara gender anak dan lingkungan literasi di kelas terhadap kemampuan membaca permulaan, (3) Kemampuan membaca permulaan anak perempuan dalam lingkungan literasi berkualitas baik di kelas lebih tinggi daripada anak laki�laki dalam lingkungan berkualitas baik di kelas. (4) Hipotesis yang membahas kemampuan membaca permulaan anak perempuan dalam lingkungan literasi berkualitas kurang di kelas lebih tinggi daripada anak laki-laki dalam lingkungan berkualitas kurang di kelas tidak teruji. The objective of this study is to examine the emergent reading abilities of children aged 5-6 years in terms of gender differences and literacy environment in classroom in Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi in 2021. The method used in this study is ex-post facto. The sampling technique in this study is simple random sampling by first determining the sample area in the population with cluster random sampling technique, so that 72 data on emergent reading ability are obtained. The data collection technique was carried out through observation with instruments to measure children's emergent reading ability and the quality of the literacy environment in kindergarten class B. Data analysis used two-way analysis of variance (Anava) to examine the main effect of A and main effect of B and the interaction effect between A and B, the next test used is Independent-Samples T Test to test the average difference between cells. The results of this study indicate that: (1) Girls' early reading ability is not same as boys' (2) There is an interaction between children's gender and literacy environment in the classroom on emergent reading ability, (3) Girls' emergent reading ability in an enriched classroom literacy environment is higher than boys in an enriched classroom literacy environment, (4) The hypothesis addressing the emergent reading ability of girls in poor classroom literacy environments higher than boys in poor classroom literacy environments was not proven.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. ; 2). Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12720 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 16:24
Last Modified: 15 Sep 2021 16:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20257

Actions (login required)

View Item View Item