PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP RASA INGIN TAHU ANAK USIA 5-6 TAHUN

BELLA CITRA ADINI, . (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP RASA INGIN TAHU ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (948kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan sains dengan pendekatan discovery terhadap rasa ingin tahu anak usia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Wilayah Cilangkap, Jakarta Timur sebanyak 10 orang anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik Pre-eksperimen, dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi sesudah perlakuan diberikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil dari paired samples test, diketahui nilai sig (1 tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan jika ada perbedaan rata-rata antara rasa ingin tahu anak usia 5-6 tahun pretest dan posttest yang artinya ada pengaruh pembelajaran sains dengan pendekatan discovery terhadap rasa ingin tahu anak usia 5-6 tahun di wilayah Cilangkap Jakarta Timur. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran sains dengan pendekatan discovey learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu pada anak usia 5-6 tahun sehingga dapat dijadikan sebagai bahan kajian ilmiah untuk Pendidikan Anak Usia Dini agar dapat menelaah berbagai konsep dalam mengembangkan konten mengenai rasa ingin tahu anak usia 5-6 tahun. ******** This study aims to determine the effect of scientific activities with a discovery approach on the curiosity of children aged 5-6 years. The sample in this study were children aged 5-6 years in the Cilangkap Region, East Jakarta as many as 10 children. Sampling used the Pre-experimental technique, with the research design of One Group Pretest-Posttest Design. The data collection technique used is through observation after the treatment is given. The data analysis technique used is t-test. The results of the paired samples test, it is known that the value of sig (1 tailed) is 0.000 < 0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded if there is an average difference between the curiosity of children aged 5-6 years pretest and posttest, which means that there is an effect of learning science with the discovery approach on the curiosity of children aged 5-6 years in the Cilangkap area, East Jakarta. The implication of this research is that learning science with a discovery learning approach can increase curiosity in children aged 5-6 years so that it can be used as material for scientific studies for Early Childhood Education in order to examine various concepts in developing content regarding the curiosity of children aged 5 -6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. ; 2). Dr. Nurjannah, SP.,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 12781 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:31
Last Modified: 14 Sep 2021 07:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20268

Actions (login required)

View Item View Item