SITI SYABANIA DEVIRA, . (2021) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT TERHADAP CONSUMER CONFORMITY PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL USIA EMERGING ADULTHOOD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (267kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Fear of Missing Out – pemahaman yang meluas bahwa yaitu adanya rasa takut ketinggalan dari orang lain ketika mereka merasakan pengalaman yang menyenangkan ketika sementara dirinya tidak menjadi bagian dari pengalaman tersebut – terhadap Consumer Conformity – kepatuhan dan kerentanan konsumen terhadap norma kelompok, serta kerentanan terhadap pengaruh kelompok, dan perubahan dalam perilaku konsumsi yang mengacu pada akibat kelompok tertentuyang dijadikan sebagai acuan – pada pengguna media sosial usia Emerging Adulthood. Penelitian ini melibatkan 303 pengguna media sosial berjenis kelamin laki-laki (N = 57) dan perempuan (N = 246) usia 18-25 di wilayah Jabodetabek. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis multivariat. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Consumer Susceptibility to Interpersonal Influence yang disusun oleh William O. Bearden, Richard G. Netemeyer, dan Jesse E. Teel pada tahun 1989 untuk mengukur Consumer Conformity dan instrumen Fear of Missing Out Scale yang disusun oleh Andrew K. Przybylski, Kou Murayama, Cody R. DeHaan, dan Valerie Gladwell pada tahun 2013 untuk mengukur Fear of Missing Out. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fear of Missing Out berpengaruh positif dan signifikan terhadap Consumer Conformity pada pengguna media sosial usia Emerging Adulthood, yang artinya semakin tinggi tingkat Fear of Missing Out seseorang, semakin meningkat pula perilaku Consumer Conformity. This research aimed to determine the impact of Fear of Missing Out, a pervasive apprehension that others might be having rewarding experiences from which one is absent, on Consumer Conformity, consumer compliance with group norms; susceptibility to group influence; and behavioral changes in consumption behavior due to a reference group, among Emerging Adulthood social media users. This study involved 303 male (N = 57) and female (N = 246) social media users aged 18-25 in the Greater Jakarta area. This research used a quantitative method with multivariate analysis techniques. The research instruments used in this study are Consumer Susceptibility to Interpersonal Influence constructed by William O. Bearden, Richard G. Netemeyer, and Jesse E. Teel in 1989 to measure Consumer Conformity and the Fear of Missing Out Scale constructed by Andrew K. Przybylski, Kou Murayama, Cody R. DeHaan, and Valerie Gladwell in 2013 to measure Fear of Missing Out. The results of this study indicated that Fear of Missing Out has a positive and significant effect on Consumer Conformity among Emerging Adulthood social media users, which means means that the higher a person's level of Fear of Missing Out, the higher the Consumer Conformity behavior.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Erik, M.Si. ; 2). Dr. Gantina Komalasari, M.Psi. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 12742 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 09:05 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 09:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20309 |
Actions (login required)
View Item |