AYU RAHMAWATI, . (2021) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DI JAKARTA SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (806kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (897kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa di Jakarta selama masa pandemik Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen Tuckman Procrastination Scale (TPS) yang dikembangkan oleh Tuckman pada tahun 1991 dan instrumen Short Self-Regulation Questionnaire (SSRQ) yang dikembangkan oleh Carey, Neal & Collins pada tahun 2004. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Convenience sampling dengan responden sebanyak 210 orang yang merupakan seorang mahasiswa S1 yang berkuliah di Perguruan Tinggi di DKI Jakarta dengan rentang usia 18-25 tahun. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa di Jakarta selama masa pandemik Covid-19. Hasil didapatkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear satu prediktor yang menunjukkan nilai F hitung (197,421) > F tabel (3,89) dan nilai p (0,000) < nilai α (0,05). Besaran pengaruh yang diberikan oleh variabel regulasi diri terhadap variabel prokrastinasi akademik adalah sebesar 48,7%. Variabel regulasi diri berpengaruh secara negatif (berlawanan arah) dan signifikan terhadap variabel prokrastinasi akademik. Artinya, semakin tinggi regulasi diri maka akan semakin rendah prokrastinasi akademik, sebaliknya semakin rendah regulasi diri maka akan semakin tinggi prokrastinasi akademik. This research aimed to find the impact of self-regulation on academic procrastination of undergraduate students in Jakarta during Covid-19 pandemic. This research uses quantitative approach. For measuring, this research use Tuckman Procrastination Scale (TPS) which developed by Tuckman in 1991 and Short Self-Regulation Questionnaire which developed by Carey, Neal & Collins in 2004. The subjects in this study are 210 undergraduate college students who study at a university in DKI Jakarta with an age range of 18 to 25 years taken by convenience sampling. The results shows that there is an influence of self-regulation on academic procrastination of undergraduate students in Jakarta during Covid-19 pandemic. The results itself obtained from doing data analysis uses simple linear regression which shows F-value (197,421) > F-table (3,89) and p-value (0,000) < α value (0,05). The magnitude of the influence of self-regulation on academic procrastination is 48,7%. The coefficient of self-regulation have a negative and significant effect on academic procrastination which is -0,765. Meaning that, the higher the self-regulation, the lower the academic procrastination, conversely the lower the self-regulation, the higher the academic procrastination.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Santi Yudhistira, M.Psi. ; 2). Dr. Gumgum Gumelar, M.Si. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 12622 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 10:05 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 10:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20330 |
Actions (login required)
View Item |