PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V PADA SUBTEMA “MANUSIA DAN LINGKUNGAN”

HUSNUL KHOTIMAH, . (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V PADA SUBTEMA “MANUSIA DAN LINGKUNGAN”. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf..pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf..pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSATAKA.pdf..pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf..pdf
Restricted to Registered users only

Download (49MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Husnul Khotimah. Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Jakarta. Era digital yang sedang dijalani saat ini merupakan alasan perlunya dikembangkan bahan ajar yang dikemas dalam bentuk komik berbasis digital interaktif khususnya untuk peserta didik sekolah dasar, karena kondisi tersebut memaksa semua guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar Komik Berbasis Digital (BAKBD) interaktif untuk Sekolah Dasar kelas V semester 1 pada tema “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema “Manusia dan lingkungan” yang sesuai kurikulum tahun 2013 dan karakteristik peserta didik serta mendukung pembelajaran daring di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model Bergman & Moore. Model ini mencakup enam aktivitas utama, yaitu: analisis, rancangan, pengembangan, produksi, penulisan, dan validasi produk yang dikembangkan. Temuan penelitian ini adalah bahwa penggunaan BAKBD Interaktif tema 1 “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema 2 “Manusia dan lingkungan” untuk Sekolah Dasar kelas V semester 1 yang dirancang dan dikemas dalam bentuk komik digital interaktif, dilengkapi narasi penjelasan cara belajar, integrasi audio musik instrumental, secara interaktif terhubung dengan sumber-sumber belajar lain yang relevan, dan latihan soal-soal yang interaktif, teruji secara empiris: 1) meningkatkan intensitas keterlibatan peserta didik sekolah dasar dalam proses pembelajaran mandiri secara daring, membantu guru dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, dan membantu orang tua dalam membimbing putra-putrinya belajar di rumah; 2) capaian hasil belajar peserta didik cenderung sedang menuju tinggi, rerata hasil belajar yang dicapai peserta didik perempuan sedikit lebih tinggi daripada peserta didik laki-laki namun tidak signifikan, dan rerata hasil belajar peserta didik yang berasal dari SDS lebih besar dari rerata hasil belajar peserta didik yang berasal dari SDN dengan perbedaan yang signifikan; 3) efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. BAKBD interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan produk baru dan original yang dikembangkan mengacu pada kurikuklum tahun 2013 dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran mandiri secara daring yang akan menjadi salah satu moda pembelajaran masa depan. Kata Kunci: hasil belajar, literasi digital, komik digital interaktif, pembelajaran daring, moda pembelajaran masa depan. ABSTRACT Husnul Khotimah. Elementary Education Study Program. Postgraduate Program. State University of Jakarta. The current digital era is the reason for the need to develop teaching materials packaged in interactive digital-based comics, especially for elementary school students, because this condition forces all teachers to carry out learning activities online. The purpose of this research is to develop interactive digital comic teaching materials (DCTM) for elementary school grade V semester 1 for the theme "Animal and Human Movement Organs" sub-theme "Humans and the environment" which is in accordance with the 2013 curriculum and the characteristics of students and supports online learning in the digital era. This study uses research and development methods with the Bergman & Moore model. This model includes six main activities, namely: analysis, design, development, production, writing, and validation of the developed product. The findings of this study are that the use of Interactive DCTM with theme 1 "Human and Animal Movement Organs" sub-theme 2 "Humans and the environment" for elementary school grade V semester 1 which is designed and packaged in the form of interactive digital comics, equipped with narrative explanations of how to learn, integrated audio music instrumental, interactively connected with other relevant learning resources, and interactive question exercises, empirically tested: 1) increasing the intensity of the involvement of elementary school students in the online independent learning process, helping teachers in organizing online learning, and assisting parents in guiding their children to study at home; 2) the learning outcomes of students tend to be high, the average learning outcomes achieved by female students are slightly higher than male students but not significant, and the mean learning outcomes of students from SDS are greater than the average learning outcomes of students. students who come from SDN with significant differences; 3) effectively improve student learning outcomes. The interactive DCTM developed in this study is a new and original product developed in reference to the 2013 curriculum and can be implemented in online independent learning which will become one of the modes of learning in the future. Keywords: learning outcomes, interactive digital comics, online learning, future learning modes.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Yetti Supriyati, M.Pd 2). Dr. Asep Supena, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 10770 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2021 01:24
Last Modified: 18 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20387

Actions (login required)

View Item View Item