ANALISIS MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN IPS

HANA YOLANDA MARBUN, . (2021) ANALISIS MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN IPS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar pada pembelajaran ips. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research untuk memperoleh data sesuai topik permasalahan dalam penelitian. Sumber data yang diambil adalah jurnal-jurnal dan skripsi relevan yang merupakan penelitian terdahulu serta buku. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar pada pembelajaran ips. Model pembelajaran cooperative learning dapat membangun komunikasi antar siswa dengan cara berdiskusi dengan teman kelompok, siswa diajarkan untuk dapat saling menghargai, berkomunikasi, dan siswa dapat bekerja sama dengan kelompoknya sehingga terjadinya interaksi dengan siswa lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning dapat dijadikan model pembelajaran alternatif yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal. This study aims to examine the cooperative learning model in improving the interpersonal intelligence of elementary school students in ips learning. This study uses descriptive qualitative research that uses literature research method or library research to obtain data according to the topic of the problem in the study. The sources of data taken are relevant journals and thesis which are previous research and books. The results of the study stated that cooperative learning model can improve the interpersonal intelligence of elementary school students in ips learning. Cooperative learning model can build communication between students by discussing with group friends, students are taught to be able to respect each other, communicate,and students can work together with their groups so that interactions with other students occur. Thus, it can be concluded that cooperative learning model can be used as an alternative learning model used to improve interpersonal intelligence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari,S.Pd, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12043 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:48
Last Modified: 15 Sep 2021 06:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20468

Actions (login required)

View Item View Item