UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR YANG DIFASILITASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING

AHMAD HABIB, . (2021) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR YANG DIFASILITASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis PjBL (Project Based Learning) pada mata pelajaran IPA materi organ peredaran darah manusia dan hewan dan mengetahui efektivitas multimedia interaktif dalam meningkatkan kreativitas siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan pretest-posttest control group design. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi empat tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain produk, validasi dan evaluasi, dan uji coba. Validasi ahli melibatkan ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Uji kelayakan produk melibatkan guru yang mengampu mata pelajaran IPA. Uji keterbacaan peserta didik melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Trangkil 01 Pati dan kelas V MI Thoriqotul Ulum Pati yang terbagi dalam dua sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil validasi ahli menunjukkan nilai rata-rata hasil validasi oleh ahli media sebesar 4,13 yang masuk kategori baik; nilai rata-rata hasil validasi oleh ahli materi sebesar 3,87 yang masuk kategori baik; nilai rata-rata hasil validasi oleh ahli bahasa sebesar 3,91 yang masuk kategori baik. Hasil uji empirik oleh guru dengan nilai rata-rata sebesar 3.42 yang masuk kategori baik, dan nilai rata-rata hasil ujicoba siswa adalah 4,2 yang termasuk kategori baik. Teknik pengolahan data melalui uji normalitas, homogenitas, perhitungan N-gain, dan uji-t dua pihak. Hasil analisis data kreativitas menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan N-gain score sebesar 0,69 dengan intepretasi sedang, lebih baik daripada penggunaan bahan ajar IPA non multimedia interaktif berbasis PjBL dengan N-gain score 0,08, dengan intepretasi rendah. Sedangkan hasil uji independent sample t-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai kreativitas siswa pada kelas yang menggunakan multimedia interaktif berbasis PjBL dengan kelas yang tidak menggunakan multimedia interaktif berbasis PjBL.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Astra, M.Si. 2) Erry Utomo, M.Ed., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 12891 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2021 06:07
Last Modified: 18 Sep 2021 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20516

Actions (login required)

View Item View Item