PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS TEMA KELUARGAKU UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

DWI MEI KURNIAWATI, . (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS TEMA KELUARGAKU UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (840kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan metode tersebut. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangkan ADDIE. Menurut Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan berupa buku cerita bergambar berbasis tema keluargaku. Responden dalam penelitian ini terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Dikarenakan adanya pandemi covid-1, uji coba pengguna hanya dapat dilaksanakan pada uji coba one to one yang terdiri dari tiga peserta didik kelas I sekolah dasar yang berdomisili dekat dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuisioner. Pada tahap uji ahli materi, buku cerita bergambar memperoleh nilai 92,5% dan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Pada tahap uji ahli bahasa, buku cerita bergambar termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan nilai 90%. Sedangkan pada tahap uji ahli media, buku cerita bergambar termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan nilai 83,3%. Dari ketiga uji ahli tersebut, jika diakumulasikan buku cerita bergambar memperoleh rata-rata nilai 88,6% dan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan rentang skor 75% -100%. Sehingga layak digunakan pada pembelajaran dengan muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia Tema 4 “Keluargaku” Subtema 4 “Kebersamaan Dalam Keluarga” Kelas I Sekolah Dasar. ******** This research is a Research and Development research, namely the research method used to produce certain products and test the effectiveness of the method. This research was developed using the ADDIE development model. According to Borg and Gall. This study aims to produce a picture story book based on the theme of my family. Respondents in this study consisted of media experts, material experts, and linguists. Due to thepandemic covid-1, user trials can only be carried out on a one-to-one trial consisting of three grade I elementary school students who live close to the researcher. Data collection techniques used in this study were interviews, observations, and questionnaires. At the material expert test stage, the picture story book scored 92.5% and was included in thecategory Very Good (SB). At the linguistics test stage, the picture story book was included in thecategory Very Good (SB) with a score of 90%. Meanwhile, in the media expert test stage, the picture story book was included in thecategory Very Good (SB) with a score of 83.3%. From the three expert tests, if the picture story books are accumulated, they get an average score of 88.6% and are included in thecategory Very Good (SB) with a score range of 75% -100%. So it is suitable for use in learning with the contents of Pancasila and Citizenship Education and Indonesian Language Theme 4 "My Family" Sub-theme 4 "Togetherness in the Family" Class I Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12917 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2021 08:06
Last Modified: 20 Sep 2021 08:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20538

Actions (login required)

View Item View Item