HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY WORSHIP DENGAN PEMBELIAN KOMPULSIF MERCHANDISE BOYBAND BTS PADA PENGGEMAR REMAJA

NAOMI KHALISHAH KHANSA SETIAWAN, . (2021) HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY WORSHIP DENGAN PEMBELIAN KOMPULSIF MERCHANDISE BOYBAND BTS PADA PENGGEMAR REMAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara celebrity worship dengan pembelian kompulsif pada remaja yang merupakan penggemar BTS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini CAS (Celebrity Attitude Scale) yang terdiri dari 22 item untuk mengukur variabel celebrity worship dan CBB (Compulsive Buying Behaviour) yang terdiri dari 16 item untuk mengukur variabel perilaku pembelian kompulsif. Subjek penelitian merupakan penggemar boyband BTS sebanyak 230 responden. Hasil analisis statistik celebrity worship dengan pembelian kompulsif menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dengan nilai pearson correlation sebesar 0,877. Berdasarkan skor tersebut, maka dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pembelian kompulsif dengan celebrity worship pada remaja yang menjadi penggemar boyband BTS, sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. This study aims to determine the relationship between celebrity worship and compulsive buying in adolescents who are BTS fans. The research method used is a quantitative research method with correlation analysis techniques. The instruments used in this study are CAS (Celebrity Attitude Scale) which consists of 22 items to measure celebrity worship variables and CBB (Compulsive Buying Behaviour) which consist of 16 items to measure compulsive buying behaviour variables. The subjects of this study are 230 BTS fans. The results of statistical analysis of celebrity worship and compulsive buying show a significance value of 0,000 < 0,005 with a pearson correlation value of 0,877. Based on this score, it can be interpreted that there is a strong relationship between compulsive buying and celebrity worship in teenagers who are fans of the BTS boyband., so it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Kencana Wulan, M.Psi. ; 2). Erik, M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 12632 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:42
Last Modified: 17 Sep 2021 01:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20622

Actions (login required)

View Item View Item