UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN PLATFORM ZOOM DI KELAS VII-3 SMP SUMBANGSIH JAKARTA

BILLY PUTRO PAMBUKO, . (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN PLATFORM ZOOM DI KELAS VII-3 SMP SUMBANGSIH JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe MID pada materi Bangun Datar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas VII-3 SMP Sumbangsih Jakarta, disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik berada dalam kategori rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Model pembelajaran kooperatif tipe MID dapat dijadikan alternatif pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Model pembelajaran kooperatif tipe MID terdiri dari tiga tahap, yaitu lead in, reconstruction dan production. Masing-masing tahapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam kegiatan pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus, peserta didik diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes awal kemampuan, tes akhir siklus, lembar kerja, alat dokumentasi, pedoman wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes awal pada prapenelitian, memberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis tiap akhir siklus, observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe MID dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai subjek penelitian tes akhir yang diberikan pada setiap siklus. Pada pra penelitian hanya satu peserta didik yang mencapai ketuntasan, pada tes akhir siklus I meningkat sebanyak 9 orang menjadi 10 peserta didik yang mencapai ketuntasan, pada tes akhir siklus II meningkat sebanyak 3 orang menjadi 13 peserta didik yang mencapai ketuntasan, hingga di akhir siklus III meningkat sebanyak 3 orang menjadi 16 peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis sesuai dengan indikator keberhasilan. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Meaningful Instructional Design (MID), Bangun Datar ******** This study aims to determine how the learning model MID-type cooperative on Bangun Flat material can improve ability understanding of students' mathematical concepts. Based on the results of observations and tests the beginning of the ability to understand mathematical concepts of students in grades VII-3 SMP Contribution of Jakarta, it is concluded that the ability to understand the concept mathematically, students are in the low category, so it is necessary to improved. MID type cooperative learning model can be used as an alternative implementation of mathematics learning in the classroom. Cooperative learning model MID type consists of three stages, namely lead in, reconstruction and production. Each stage of this learning model can improve the ability understanding of students' mathematical concepts in learning activities mathematics. This type of research is a classroom action research conducted in three cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, analysis, and reflection. At the end of each cycle, students given the end of the cycle test to measure the ability to understand the concept mathematical students. Instruments used to collect data in this study were the initial test of ability, the end of the cycle test, worksheets, documentation tools, interview guidelines, observation sheets, and field notes. Data collection was carried out by conducting an initial test in the pre-research, provide a test of the ability to understand mathematical concepts at the end of each cycle, observation, interviews, and documentation during the learning process. Analysis the data was done descriptively qualitatively and quantitatively. The results showed that learning mathematics through MID type cooperative model can improve concept understanding ability mathematical students. This is indicated by an increase in the value of the final test research subjects given in each cycle. On pre the research, only one student achieved completeness, on the final test cycle I increased by 9 people to 10 students who achieved completeness, at the end of the second cycle test increased by 3 people to 13 students who achieve completeness, until the end of the third cycle increases as many as 3 people become 16 students who achieve completeness scores the ability to understand mathematical concepts according to the indicators of success. Keywords: Students' Mathematical Concept Understanding Ability, Model Cooperative Learning Type Meaningful Instructional Design (MID), Build Flat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Wardani Rahayu, M.Si.; 2). Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd, M.Si.;
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11626 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:06
Last Modified: 17 Sep 2021 05:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20641

Actions (login required)

View Item View Item