PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ISLAM PLUS AL-AKHYAR

SANIYA NABILAH, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ISLAM PLUS AL-AKHYAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf

Download (637kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Powerpoint untuk pembelajaran teks prosedur siswa kelas VII di SMP Islam Plus Al-Akhyar. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas VII SMP Islam Plus Al-Akhyar berjumlah 10 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil kualitas pengembangan media didapat dari hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi yang mendapatkan kriteria sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 88,7% dari ahli media, hal ini didapat dari aspek tampilan dengan persentase sebesar 84,4% dan aspek keterlaksanaan sebesar 93%. Selanjutnya hasil validasi oleh ahli materi mendapat rata-rata persentase sebesar 83,6% dengan hasil dari aspek isi 91,4%, aspek konstruksi 82,8% dan aspek kebahasaan 76,7%. Selain itu penelitian ini diuji coba kepada guru dan mendapat hasil persentase sebesar 89,7%, hal ini didapat dari aspek kesesuaian kurikulum sebesar 100%, aspek penyajian materi 88,5%, aspek kesesuaian latihan sebesar 100%, aspek kebahasaan sebesar 80%, dan aspek keterlaksanaan sebesar 80%. Uji coba juga dilakukan kepada siswa dan mendapatkan rata-rata persentase sebesar 91,4%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Powerpoint interaktif dengan konten materi teks prosedur mendapatkan kategori ‘sangat layak’ dan bisa digunakan sebagai media pendukung pembelajaran untuk guru dan siswa pada pembelajaran daring maupun tatap muka. Implikasi pengembangan media ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi teks prosedur dan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa. *********** The research aims to generate interactive learning media based Powerpoints for the 7th grade text study procedure in junior high school students. he study employs the method of research and development with the research model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implimentation, and Evaluation). The subject of this study is the vii junior school of Islam plus al-akhyar class of 10 students. Research data is collected by observation, interview, and angket. Data analysis techniques are done with qualitative and quantitative analysis. The quality of media development comes from validation by media experts and materials experts who get really worthy criteria at an average percentage of 88.7% from media experts, it comes from the display aspect of 84.4% and the comments of 93%. Furthermore, validation by material experts gets an average percentage of 83.6% with results from content aspect 91.4%, construction aspect 82.8% and ingredient aspect 76.7%. Furthermore, this study was tested on teachers and obtained a percentage of 89.7%, it was obtained from a 100% curriculum discrepancy aspect, 88.5% presentation of materials, a 100% practice match, an 80% intimacy aspect, and the accessibility aspect of 80%. Tests are also conducted on students and get a 91.4% average percentage. It may be concluded that the development of the interactive powerpoint learning media with the text content procedure gets the 'very worthy 'category and can be used as a learning medium for teachers and students on both online and face-to-face learning. The implications of this media development can be used to increase students' understanding of the textbook procedure and the textbook writing skills of the student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana, S,Pd.,M.Phil (Ling.) ; 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 11203 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:29
Last Modified: 20 Sep 2021 07:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20758

Actions (login required)

View Item View Item