ANALISIS MODEL INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR

RENGGA GERUNG HANDARU, . (2021) ANALISIS MODEL INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PPKn di sekolah dasar melalui model inquiry training. Penelitian ini didasari oleh kebutuhan bangsa Indonesia akan generasi yang mempunyai kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PPKn di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini pada saat pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan mengkaji sumber pustaka seperti buku, jurnal dan skripsi yang sesuai dengan masalah peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model inquiry training dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn di sekolah dasar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn di sekolah dasar adalah model inquiry training. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PPKn di sekolah dasar, seharusnya pembelajaran PPKn dibuat dengan cara kreatif, menarik dan kompetitif agar siswa terbuka pemikiran kritisnya serta siswa tetap merasakan semangat dalam proses pembelajarannya. ************ This study aims to determine the improvement of critical thinking skills in Civics learning in elementary schools through the inquiry training model. This research is based on the needs of the Indonesian people for a generation that has the ability to think critically in Civics learning in elementary schools. The research method used is the literature study method. There are three stages carried out in this study at the time of data collection, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. This data collection technique uses observation and review of library sources such as books, journals and theses in accordance with the researcher’s problem. The results of the study indicate that through the inquiry training model it can improve students critical thinking skills in Civics learning in elementary schools. One of the learning models that can be used to improve students critical thinking skills in Civics learning in elementary schools is the inquiry training model. To improve students critical thinking skills in Civics learning in elementary schools, Civics learning should be made in a creative, interesting and competitive way so that students are open to critical thinking and students still feel enthusiastic in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12949 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:10
Last Modified: 22 Sep 2021 03:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20768

Actions (login required)

View Item View Item