STUDI FENOMENOLOGI PERAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BRLAJAR IPA DI SD PLUS AL - AMIN

FELIA BUDI UTAMI, . (2021) STUDI FENOMENOLOGI PERAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BRLAJAR IPA DI SD PLUS AL - AMIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGRI JAKARTA.

[img] Text
Cover .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran video animasi dalam motivasi belajar siswa dalam pembelajaran muatan IPA di SD Plus Al Amin. Penelitian ini dilakukan di SD Plus Al Amin. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas VI SD Plus Al Amin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dan dengan analisis data yang digunakan oleh model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Video animasi sebagai media pembelajaran sangat mempengaruhi motivasi siswa terlebih dalam kondisi pembelajaran jarak jauh. Video animasi memudahkan siswa dalam memahami materi, memudahkan siswa mengulang materi secara individu, meyakinkan siswa menjawab materi dengan benar, membuat siswa lebih percaya diri terhadap pendapat yang dimiiliki dan tidak mudah melepaskan apa yang diyakininya. Belajar menggunakan video animasi membuat siswa merasa senang dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Motivasi, video animasi. muatan Ilmu Pengetahuan Alam ********* This study aims to describe the role of animated videos in students' learning motivation in learning science content at SD Plus Al Amin. This research was conducted at SD Plus Al Amin. The subjects of this study consisted of principals, teachers and sixth grade students of SD Plus Al Amin. The approach used in this study is a qualitative approach with phenomenological methods. Data was collected by means of observation, interviews and documentation and data analysis used by the Milles and Huberman model. The results of this study indicate that animated video as a learning medium greatly affects students' motivation in advance in distance learning conditions. Animated videos make it easier for students to understand the material, make it easier for students to repeat the material individually, make students answer the material correctly, students are more confident in their opinions and are not easy to let go of what they believe. Learning to use animated videos makes students feel happy and excited in participating in learning. Keywords: Motivation, animated video. Natural Sciance

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R Supriatna, M.Pd. ; 2). Dr. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11976 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2021 07:59
Last Modified: 21 Sep 2021 07:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item View Item