PEPY SUSANTI, . (2021) ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN HIGH ORDER THINKING SKILL PADA MUATAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Studi ini dilakukan untuk mengetahui informasi yang cukup terhadap peranan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan High Order Thinking Skill pada Muatan IPS di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah melalui studi literatur yang mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab peranan. Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan High Order Thinking Skill pada Muatan IPS di Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan dengan Studi Pustaka Melakukan Pencarian melalui aplikasi search engine (Google Scholar, DOAJ, SCOPUS, ERIC, Elsevier, Science Direct), Konseptualisasi, Analisa, Menarik Kesimpulan. Hasil dari studi ini menunjukkan peranan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan High Order Thinking Skill pada Muatan IPS di Sekolah Dasar. Model Problem Based Learning memiliki Langkah-langkah pembelajaran yaitu: 1) Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah, 2) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, 3) Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5) Menganalisis dan mengevaluasi. Penelitian paling banyak menyebutkan bahwa Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan High Order Thinking Skill pada Muatan IPS di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil studi literatur ini, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar pada Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial. ********* Studi ini dilakukan untuk mengetahui informasi yang cukup terhadap peranan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan High Order Thinking Skill pada Muatan IPS di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah melalui studi literatur yang mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab peranan. Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan High Order Thinking Skill pada Muatan IPS di Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan dengan Studi Pustaka Melakukan Pencarian melalui aplikasi search engine (Google Scholar, DOAJ, SCOPUS, ERIC, Elsevier, Science Direct), Konseptualisasi, Analisa, Menarik Kesimpulan. Hasil dari studi ini menunjukkan peranan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan High Order Thinking Skill pada Muatan IPS di Sekolah Dasar. Model Problem Based Learning memiliki Langkah-langkah pembelajaran yaitu: 1) Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah, 2) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, 3) Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5) Menganalisis dan mengevaluasi. Penelitian paling banyak menyebutkan bahwa Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan High Order Thinking Skill pada Muatan IPS di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil studi literatur ini, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar pada Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Sarkadi, M.Si. ; 2). Prof.Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 12927 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 05:26 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 05:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20876 |
Actions (login required)
View Item |