PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATA KULIAH KELISTRIKAN OTOMOTIF

YUDISTIRA GUSTIANTO, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATA KULIAH KELISTRIKAN OTOMOTIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian ini didasarkan pada hasil survei analisis kebutuhan media pembelajaran kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta yang pengambilan datanya menggunakan Google Form, 80% responden menjawab media yang paling sering digunakan pada mata kuliah Kelistrikan Otomotif yaitu Power Point. Power Point merupakan media yang sering digunakan untuk presentasi. Namun seiring waktunya perkembangan zaman telah banyak media pembelajaran baru yang berkembang dan memiliki berbagai manfaat dan kelebihan dari media yang lain. Selanjutnya 93,3% responden menjawab perlunya dikembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk mata kuliah Kelistrikan Otomotif. Pengembangan media tersebut diharapkan akan mampu menciptakan proses pembelajaran yang mempermudah mahasiswa dalam memahami materi. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan media Kelistrikan Otomotif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Kelistrikan Otomotif dan mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tempat penelitian di Universitas Negeri Jakarta. Metode yang akan digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Hasil pengumpulan data dari kuesioner akan diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Pada uji coba validasi materi menyatakan media pembelajaran yang diuji mendapatkan kriteria “sangat layak” dengan nilai presentase 85,33 %. Selanjutnya pada uji coba validasi media menyatakan media pembelajaran yang diuji mendapatkan kriteria “sangat layak” dengan nilai presentase 81,33%. Serta hasil uji coba kelompok kecil kepada mahasiswa mendapatkan persentase 90,28 % yang terdapat pada interval “sangat layak”. Sedangkan pada hasil uji coba lapangan kepada mahasiswa mendapatkan persentase 90,4% yang terdapat pada interval “sangat layak”. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dan dapat dipergunakan dalam pembelajaran. *ABSTRACT* This research is based on the results of a survey of learning media needs analysis to students of the Mechanical Engineering Education Study Program, State University of Jakarta whose data collection uses Google Forms, 80% of respondents answered that the most frequently used media in Automotive Electrical is Power Point. Power Point is a medium that is often used for presentations. But over time, many new learning media have developed and have various advantages over other media. Furthermore, 93.3% of respondents answered the need to develop android application-based learning media for Automotive Electrical. Media development is expected to be able to create a learning process that makes it easier for students to understand the material. This is the background for researchers to conduct research on the development of Automotive Electrical media. This study aims to develop automotive electrical learning media and determine the feasibility of the developed media. The method used is research and development (R&D) with the ADDIE development model. Research place at State Univeristy of Jakarta. The method that will be used in data collection is done through a questionnaire. The results of data collection from the questionnaire will be disclosed in the distribution of scores and percentages against a predetermined rating scale category. In the material validation test, it was stated that the learning media tested obtained the " very feasible " criteria with a percentage value of 85.33%. Furthermore, the media validation test stated that the learning media tested had " very feasible " criteria with a percentage value of 81,33%. And the results of small group trials to students get a percentage of 90.28% which is in the "very feasible" interval. While the results of field trials on students get a percentage of 90.4% which is in the " very feasible" interval. Based on the data above, it can be said that the media developed is very feasible and can be used in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Agus Dudung, M.Pd. 2) Dra. Ratu Amilia Avianti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 12948 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2021 02:57
Last Modified: 25 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20894

Actions (login required)

View Item View Item