Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pengetahuan Hidup Bersih dan Sehat (Studi Penelitian dan Pengembangan di TK B Provinsi Banten)

NUR RISKA, . (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pengetahuan Hidup Bersih dan Sehat (Studi Penelitian dan Pengembangan di TK B Provinsi Banten). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER DAN SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (587kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh, mengembangkan, menghasilkan model pembelajaran dan menemukan kelayakan dan efektifitas penggunaan model pembelajaran melalui video untuk meningkatkan pengetahuan hidup bersih dan sehat anak TK kelompok B. Penelitian ini dilaksanakan di tiga TK yang tersebar di Provinsi Banten yaitu TK Al Aziz – Tangerang, TK Al Kautsar – Serang dan Raudhatul Jannah – Cilegon. Penelitian ini berlangsung dari bulan januari 2017 hingga bulan juni 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan prototype J.Moonen. Adapun produk yang dikembangkan berupa video pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan hidup bersih dan sehat anak TK kelompok B. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara bertahap, yaitu review ahli yang terdiri dari ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media pembelajaran. Setelah melakukan review dari para ahli, dilanjutkan dengan uji coba one to one, uji coba small group dan uji coba field test kepada anak TK kelompok B. Berdasarkan uji coba tersebut, diperoleh hasil pengembangan yang membuktikan bahwa model pembelajaran berupa video pembelajaran baik digunakan untuk meningkatkan pengetahuan hidup bersih dan sehat anak. Hasil efektifitas membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara data pre test dan post test setelah diberikan media video pembelajaran. Pengujian dilanjutkan dengan uji Anova yang membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan setiap aspeknya, kemudian dilanjutkan dengan uji tuckey dan diperoleh bahwa aspek kebersihan diri memberikan peningkatan yang paling tinggi dibandingkan aspek lainnya. Kebaruan dari penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran melalui video AJE KENDOR yang tepat guna dan menarik untuk digunakan guru dalam melakukan KBM di sekolah, yang terdiri dari 4 episode yang setiap akhir episode diberikan penguatan oleh expert mengulas inti dari setiap episode dan juga dilengkapi musik sebagai pengantar. Kata Kunci : Pengembangan, Model Pembelajaran, Pengetahuan, Hidup Bersih dan Sehat

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof. Dr. dr. Myrnawati Crie Handini, MS.PKK 2. Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12900 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:24
Last Modified: 27 Sep 2021 03:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20913

Actions (login required)

View Item View Item