KAJIAN PUSTAKA: EVALUASI PROGRAM PENDEKATAN CBSA (CARA BELAJAR SISWA AKTIF) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PERCAYA DIRI SISWA DALAM MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANAAN (PPKN) DI SEKOLAH DASAR

LATU MARTA CARAKA, . (2021) KAJIAN PUSTAKA: EVALUASI PROGRAM PENDEKATAN CBSA (CARA BELAJAR SISWA AKTIF) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PERCAYA DIRI SISWA DALAM MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANAAN (PPKN) DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVESITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (757kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan CBSA dalam rangka pengembangan percaya diri siswa dalam muatan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif pada saat pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data ini mengkaji sumber pustaka seperti buku, jurnal dan skripsi yang sesuai dengan masalah peneliti. Dalam pembelajaran PPKn seharusnya dapat menggunakan metode atau model yang tepat untuk mengembangkan percaya diri di Sekolah Dasar. Salah satu strategi untuk meningkatkan sikap mandiri pada pembelajaran PPKn ialah dapat dibuat menarik sehingga siswa tidak merasa jenuh saat proses belajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan CBSA dapat mengembangkan percaya diri siswa pada pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Percaya Diri, Cara Belajar Siswa Aktif, PPKn, Sekolah Dasar  ********** ABSTRACT This literature review research aims to determine the application of the CBSA approach in order to develop student self confidence in the Pancasila and Citizenship education in Elementary School. The research method is descriptive qualitative research meanwhile for getting data collection, namely data reduction, data presentation, and conclusion. This data collection technique examines library sources such as books, journals, and thesis according to the researcher's problem. In learning PPKn, you should be choose a proper method or model to develop self confidence in Elementary School. One of strategy to improve independent attitude in PPKn learning is create an interesting so that students not feel bored during the learning process. The result shows that using the CBSA approach can develop student confidence while learning PPKn in Elementary School. Key words: Self Confidence, Active Student Learning Method, PPKn, Elementary School

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12721 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:53
Last Modified: 30 Sep 2021 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item