KOMODIFIKASI PENDIDIKAN DIGITAL (STUDI KASUS: APLIKASI PEMBELAJARAN RUANGGURU)

DINDA PUTRI WIDITRIA, . (2021) KOMODIFIKASI PENDIDIKAN DIGITAL (STUDI KASUS: APLIKASI PEMBELAJARAN RUANGGURU). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (941kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena komodifikasi pendidikan yang dikemas menggunakan teknologi sebagai nilai jualnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran aplikasi pembelajaran online Ruangguru dalam industri pendidikan digital menurut perspektif komodifikasi pendidikan, mulai dari proses pendidikan sebagai produk, peran konsumen dalam menguatnya peran komodifikasi pendidikan, hingga keuntungan yang didapat dari menjual produk pendidikan. Tidak hanya berfokus pada peran swasta, penelitian ini juga akan mengacu pada peran siswa selaku konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara via telepon, observasi, serta studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 kategori, yakni Ruangguru selaku produsen dan siswa SMA/SMK baik yang berlangganan Ruangguru selaku maupun yang tidak berlangganan sebagai informan pembanding. Dalam menganalisa penelitian ini, peneliti menggunakan konsep komodifikasi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi pendidikan telah dianggap sebagai fenomena yang lumrah terjadi. Dalam kondisi pandemi, aplikasi pembelajaran online bahkan telah dianggap sebagai solusi keterbatasan pendidikan formal. Padahal keberadaannya justru hanya semakin memperluas ketimpangan yang didapat oleh siswa dalam memperoleh pendidikan. Teknologi pendidikan perannya akan semakin dilihat sebagai daya tarik dalam penjualan pendidikan sebagai produk yang berguna untuk menarik semakin banyak pengguna dengan kecanggihannya. This research is motivated by the phenomenon of the commodification of education which is packaged using technology as a selling point. This study aims to determine the role of Ruangguru's online learning application in the digital education industry according to the perspective of the commodification of education, starting from the educational process as a product, the role of consumers in strengthening the role of commodification of education, to the benefits derived from selling educational products. Not only focusing on the role of the private sector, but this research will also refer to the role of students as consumers. In this study using qualitative methods with data collection through telephone interviews, observation, and literature study. Informants in this study were divided into 2 categories, Ruangguru as a producer and high school/vocational students, both those who use Ruangguru and those who did not use it as comparison informants. In analyzing this research, the researcher uses the concept of the commodification of education. The results showed that the commodification of education has been considered a common phenomenon. In a pandemic, online learning applications have even been considered as a solution to the limitations of formal education. In fact, its existence only further widens the inequality obtained by students in obtaining an education. Educational technology's role will increasingly be seen as an attraction in the sale of education as a useful product to attract more and more users with its sophistication.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robertus Robet, MA. 2). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 12981 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:44
Last Modified: 30 Sep 2021 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20960

Actions (login required)

View Item View Item