PENGEMBANGAN E-BOOKLET LITERASI DIGITAL DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI REMAJA DI KP. TANAH 80, KLENDER

MARISA NAUFA, . (2021) PENGEMBANGAN E-BOOKLET LITERASI DIGITAL DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI REMAJA DI KP. TANAH 80, KLENDER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Puslitjaknov. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi dan remaja di RT 06 dan RT 03 Wilayah RW 09 Kp. Tanah 80, Klender yang dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu remaja awal usia 10-13 tahun, remaja madya usia 14-17 tahun, dan remaja akhir usia 18 tahun. Objek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran dalam bentuk e-booklet. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner skala 4 dengan analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media e-booklet adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk e-booklet mengenai literasi digital dalam penggunaan media sosial bagi remaja; (2) mengetahui kelayakan e-booklet dari ahli media, ahli materi, dan pengguna yang merupakan remaja; (3) meningkatkan pengetahuan remaja mengenai literasi digital dalam penggunaan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media Pembelajaran E-booklet Literasi Digital dalam Penggunaan Media Sosial ini layak digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli media diperoleh persentase 94,8% (Sangat Baik), b) Ahli materi diperoleh persentase 89,4% (Sangat Baik). (2) Penilaian pengguna terhadap media pada uji coba lapangan skala kecil diperoleh persentase 92% (Sangat Baik), dan uji coba lapangan skala besar diperoleh persentase 93% (Sangat Baik). Hasil perolehan nilai pre-test dan post-test juga menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan remaja. Kata kunci: Media Pembelajaran, E-booklet, Literasi Digital, Media Sosial ********** ABSTRACT This research is a research and development (Research and Development) that adapts the Borg & Gall development model which has been simplified by Puslitjaknov. The subjects in this study were media experts, material experts and youth in RT 06 and RT 03, RW 09 Kp. Tanah 80, Klender which is divided into three groups, namely early adolescents aged 10-13 years, middle adolescents aged 14-17 years, and late adolescents aged 18 years. The object of this research is the development of learning media in the form of e-booklets. Data collection in this study used a 4-scale questionnaire with data analysis used to determine the feasibility of e-booklet media is descriptive quantitative with percentages. This research aims to: (1) develop learning media in the form of e-booklets regarding digital literacy in the use of social media for adolescents; (2) determine the feasibility of e-booklets from media experts, material experts, and users who are teenagers; (3) increasing adolescent knowledge about digital literacy in the use of social media. Based on the research: (1) Digital Literacy E-booklet Learning Media in the Use of Social Media is feasible to use based on the assessment: a) Media experts obtained a percentage of 94.8% (Very Good), b) Material experts obtained a percentage of 89.4% ( Very good). (2) User assessment of the media in the small-scale field trial obtained a percentage of 92% (Very Good), and the large-scale field trial obtained a percentage of 93% (Very Good). The results of the pre-test and post-test scores also showed an increase in adolescent knowledge. Keywords: Learning Media, E-booklet, Digital Literacy, Social Media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Henny Herawati Br D, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Hafid Abbas
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 12367 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2021 05:09
Last Modified: 05 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21033

Actions (login required)

View Item View Item