ADE FITRI YULIYANI, . (2019) AKTIVITAS PUSAT PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENDIDIK,TENAGA KEPENDIDIKAN DAN KEJURUAN (P2KPTK2) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1) Cover.pdf Download (79kB) |
|
Text
2) Abstrak & Abstract.pdf Download (10kB) |
|
Text
3) ORISINALITAS.pdf Download (493kB) |
|
Text
4) PUBLIKASI.pdf Download (251kB) |
|
Text
7) Kata Pengantar.pdf Download (63kB) |
|
Text
8) Daftar Isi.pdf Download (20kB) |
|
Text
13a) BAB I.pdf Download (139kB) |
|
Text
13b) BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
13c) BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
|
Text
13d) BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text
13e) BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text
17) LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
14) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan, hambatan yang dihadapi serta hasil yang dicapai oleh P2KPTK2 Jakarta Timur dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PPKN pada jenjang SMP.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala P2KPTK2 Jakarta Timur dan Ketua Pelaksana Kompetensi Pendidik serta lima orang informan adalah guru-guru PPKN pada jenjang SMP di Jakarta Timur yang sudah melakukan pelatihan di P2KPTK2 Jakarta Timur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas yang dilakukan oleh Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) dapat berupa implementasi kurikulum 2013, sosial dan kepribadian, model pembelajaran, dan moda tatap muka guru pembelajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan tersebut dapat meningkatkan kompetensi profesional guru dengan indikator yaitu menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Japar, M.Si. ; 2). Drs. Agus Martono, M.Sc |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 02:48 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 02:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21091 |
Actions (login required)
View Item |