Ade Gunawan, . (2019) MODEL HIDDEN CURRICULUM PESANTREN BERBASIS LINGKUNGAN DI DAERAH PENYANGGA METROPOLIS.STUDI KASUS : PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (21kB) |
|
Text
02 ABSTRAK dan ABSTRACT.pdf Download (260kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
04 LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (175kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (208kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
|
Text
11a BAB 1.pdf Download (242kB) |
|
Text
11b BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11c BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text
11d BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11e BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangipentingnya kontribusi Model Hidden curriculumPesantren Berbasis Lingkungan di Daerah Penyangga Metropolis, karena hal tersebut dapat menjadi temuan yang sangat bermanfaat dalam menggabungkan Ajaran Islam dengan pelestarian lingkungan melalui lembaga pendidikan yang disebut Pesantren, juga digabungkan puladari kondisi geografisnya yang terletak di daerah penyangga metropolis.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Model Hidden curriculumPesantren Berbasis Lingkungan di Daerah Penyangga Metropolis, Penelitian ini menggunakan teori kurikulum tersembunyi oleh Murray Print dan teori eko pesantrenkhususnya dalam aspek pengembangan kebijakan dalam kurikulum berbasis lingkungan dan aspek kebijakan pengembangan kegiatan ekstra kurikuler berbasis lingkungan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan, dokumentasi, studi literatur, dan wawancara.Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, Pesantren Hidayatullah Depok telah menggunakan model ini dan ternyata memiliki pengaruh dalam meningkatkan nilai, persuasi dan perilaku yang dapat membentuk karakter santri yang saleh secara ekologis. Kedua, model kurikulum tersembunyi berbasis eko pesantren ini berfokus pada kegiatan, kebijakan, aturan dan interaksi para santri dan semua penghuni pesantren. Ketiga, penerapan model kurikulum tersembunyi berbasis eko pesantren ini mampu menyelesaikan masalah lingkungan di Pesantren yang terletak di daerah penyangga metropolis seperti polusi udara, polusi gas beracun dan limbah pabrik dan mampu meningkatkan kesadaran warga pesantren dan masyarakat di sekitarnya tentang pentingnya pelestarian lingkungan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rihlah Nur Aulia, MA ; 2). Dr. Amaliyah, MA |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 03:05 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 03:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21092 |
Actions (login required)
View Item |