WAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA PATI (Studi Kausal dari Tinjauan Sosialisasi Kebijakan, Komunikasi dan Motivasi Guru Sekolah Dasar di Kota Pati)

HUSNI MUBAROK, . (2021) WAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA PATI (Studi Kausal dari Tinjauan Sosialisasi Kebijakan, Komunikasi dan Motivasi Guru Sekolah Dasar di Kota Pati). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh langsung antara sosialisasi kebijakan, komunikasi, dan motivasi terhadap wawasan pendidikan karakter kebangsaan guru sekolah dasar di Kota Pati Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas (sosialisasi kebijakan, komunikasi, dan motivasi) terhadap variabel terikat (wawasan pendidikan karakter kebangsaan guru sekolah dasar). Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah di Kota Pati Propinsi Jawa Tengah. Populasi terjangkau sebagai kerangka sampel (sampling frame) adalah guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah sebanyak 144 orang. Hasil penelitian menunjukkan 1) Sosialisasi kebijakan berpengaruh langsung terhadap wawasan pendidikan karakter kebangsaan. Artinya, mensosialisasikan kebijakan pendidikan karakter kebangsaan secara kontinyu dapat meningkatkan wawasan sepenuhnya tentang pendidikan karakter kebangsaan terhadap guru. 2) Komunikasi berpengaruh langsung terhadap wawasan pendidikan karakter kebangsaan. Artinya, keterampilan berkomunikasi Kepala sekolah yang baik dapat menumbuhkan karakter positif bagi guru. 3) Motivasi berpengaruh langsung terhadap wawasan pendidikan karakter kebangsaan. Artinya, pemberian motivasi yang kuat oleh kepala sekolah kepada guru dapat meningkatkan wawasan pendidikan karakter kebangsaan. 4) Sosialisasi kebijakan berpengaruh langsung terhadap komunikasi. Artinya, sosialisasi kebijakan yang baik dapat membuat komunikasi yang kuat antara kepala sekolah kepada guru. 5) Sosialisasi kebijakan berpengaruh langsung terhadap motivasi. Artinya, sosialisasi yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah kebijakan kepada guru dapat merangsang, menyalurkan, dan menambah motivasi intrinsik. 6) Komunikasi berpengaruh langsung terhadap motivasi. Artinya, penggunaan komunikasi yang baik oleh kepala sekolah dapat meningkatkan motivasi guru. 7) Sosialisasi kebijakan berpengaruh tidak langsung terhadap wawasan pendidikan karakter kebangsaan melalui komunikasi. Artinya, adanya hubungan positif yang signifikan ketika kepala sekolah memberikan sosialisasi yang baik dan pola komunikasi yang baik akan memberikan dampak kepada guru terhadap wawasan pendidikan karakter kebaangsaan. 8) Sosialisasi kebijakan berpengaruh tidak langsung terhadap wawasan pendidikan karakter kebangsaan melalui motivasi. Artinya, dengan memberikan sosialisasi mengenai kebijakan dan memberikan motivasi terhadap guru-guru tentang wawasan kebangsaan secara tidak langsung guru akan memahami karakter kebangsan. 9) Komunikasi berpengaruh tidak langsung terhadap wawasan pendidikan karakter kebangsaan melalui motivasi. Artinya, penggunaan pola komunikasi yang baik dibarengi dengan dorongan motivasi oleh kepala sekolah terhadap guru-guru, secara tidak langsung akan memberikan dampak positif dalam pemahaman karakter kebangsaan. Katu Kunci: Pendidikan Karakter Kebangsaan, Sosialisasi Kebijakan, Komunikasi, Motivasi, Sekolah Dasar ABSTRACT This study aims to determine and prove the direct influence between Policy Dissemination, communication, and motivation on the insight into the national character education of elementary school teachers in Pati City, Central Java. This study used a survey method with a path analysis approach to determine the effect of the independent variables (Policy Dissemination, communication, and motivation) on the dependent variable (insight into the national character education of elementary school teachers). The population in this study were teachers in elementary schools / madrasah ibtidaiyah in Pati City, Central Java. The affordable population as the sampling frame is 144 teachers in elementary school / madrasah ibtidaiyah. The results showed: 1) there was a positive direct effect of Policy Dissemination on National Character Education Insights. 2) There is a positive direct effect of communication on the National Character Education Insight. 3) There is a positive direct effect of motivation on the National Character Education Insight. 4) There is a positive direct effect of Policy Dissemination on Communication. 5) There is a positive direct effect of Policy Dissemination on Motivation. 6) There is a positive direct effect of communication on motivation. 7) There is an Indirect Effect of Policy Dissemination on National Character Education Insights through Communication. 8) There is an indirect effect of Policy Dissemination on the insight of national character education through motivation. 9) There is an Indirect Effect of Communication on the Insights of National Character Education through Motivation. Key words: National Character Education, Policy Dissemination, Communication, Motivation, Elementary School

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Ma’ruf Akbar, M.Pd 2) Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 12818 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:08
Last Modified: 09 Oct 2021 03:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21145

Actions (login required)

View Item View Item