Elisa Violita, . (2018) PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DASAR MENTENG 01 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (74kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf Download (232kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORIGINAL (SCAN).pdf Download (147kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (120kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (233kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (155kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (232kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (86kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajerial kepala sekolah dalam meningkatkann mutu sekolah di SDN Menteng 01 Pagi, Jakarta Pusat dengan sub fokus perencanaan program sekolah, pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, dan pengelolaan peserta didik . Penelitian dilakukan selama kurang lebih lima bulan dimulai dari bulan februari hingga bulan Juli 2018 di SDN Menteng 01 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program sekolah dilakukan setahun sebelum tahun ajaran dimulai dengan melibatkan stakeholders sekolah dengan mempetimbangkan keadaan sekolah; tantangan dalam lingkungan sekolah; harapan pemangku kepentingan; sumberdaya manusia yang terlibat; mempertimbangkan anggaran yang dimiliki sekolah, (2) Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan yang dilakukan dengan cara perencanaan (Dilakukan oleh Dinas Pendidikan), seleksi (Dilakukan oleh Dinas Pendidikan), Manajemen Kinerja (Kepala Sekolah memberikan jobdesc sesuai dengan kapasitas tenaga kependidikan berdasarkan nilai test), Pemberian Kompensasi (Dilakukan oleh Dinas Pendidikan), Pembinaan dan Pengembangan Karir (Teacher test, Peer Teaching, Pelatihan angklung, dan English Learning) (3) Pengelolaan peserta didik dilakukan dengan cara orientasi peserta rekuitmen peserta didik (PPDB online); seleksi peserta didik (berdasarkan umur); orientasi peserta didik (perkenalan dalam kelas); penempatan peserta didik (keseimbangan jumlah peserta didik dan nilai raport); pembinaan dan pengembangan peserta didik (ekstra kulikuler; jam pelajaran tambahan; dan pembiasaan budaya).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd 2) Dr. Desi Rahmawati, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 09:50 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 09:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2128 |
Actions (login required)
View Item |