PENDIDIKAN KARAKTER DI MASYARAKAT SUKU BADUY (Studi Etnografi pada anak usia Sekolah Dasar di Desa Kanekes Kecamatan Lewidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten)

ALRAHMAT ARIF, . (2021) PENDIDIKAN KARAKTER DI MASYARAKAT SUKU BADUY (Studi Etnografi pada anak usia Sekolah Dasar di Desa Kanekes Kecamatan Lewidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

Suku Baduy merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Suku Baduy yang hidup di alam dan selalu menjaga keseimbangan alamnya melalui aturan adat (pikukuh karuhun dan pikukuh sapuluh). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan pikukuh nenek moyang yang mereka pegang sampai saat ini pada pendidik karakter pada anak sekolah dasar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi spredly. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, survei lapangan, dan catatan lapangan. Dalam teknis analisis data menggunakan triangulasi metode. Hasil yang diperoleh adalah masyarakat suku Baduy dalam pembinaan karakter anak usia sekolah dasar dengan prinsip diajarkan, dibiasakan, diteladani dan ditegakkan aturan-aturan yang tegas sehingga membentuk karakter pribadi yang kuat, taat dan patuh dalam menjalankan amanah leluhurnya. dan budaya. ********** Baduy tribe is one of the tribes in Indonesia. Baduy tribal people who live in nature and always maintain the balance of their nature through traditional rules (pikukuh karuhun and pikukuh sapuluh). The purpose of this research is to find out the form and pikukuh ancestors they hold to date in character educators in elementary school children. The approach in this study used a qualitative approach with the spredly ethnographic method. Data collection techniques using interviews, documentation, field surveys, and field notes. In the technical analysis of data using the triangulation method. The results obtained are that the Baduy tribe community in character building for elementary school age children with the principles of being taught, accustomed, exemplified and enforced strict rules so as to form strong, obedient and obedient personal characters in carrying out the mandate of their ancestors and culture

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E. ; 2). Erry Utomo, M.Ed,Ph.D
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 12745 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2021 05:21
Last Modified: 05 Nov 2021 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21334

Actions (login required)

View Item View Item