PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL PADA SISWA DI SMK NEGERI 44 JAKARTA

YUDHA ADITYA PRATAMA, . (2017) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL PADA SISWA DI SMK NEGERI 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Yudha Aditya Pratama.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar simulasi digital pada siswa di SMK Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan, terhitung dari bulan Februari sampai dengan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 44 Jakarta yang berjumlah 588 siswa. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X SMK Negeri 44 Jakarta yang berjumlah 205 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, maka sampel dalam penelitian sebanyak 127 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari fasilitas belajar dan motivasi berprestasi sebesar 0,791 > 0,1, dan nilai VIF sebesar 1,264 < 10. Sedangkan hasil uji heteroskedastisitas melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi fasilitas belajar 0,578 > 0,05 dan motivasi berprestasi 0,838 > 0,05. Selanjutnya persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ = 36,425 + 0,235 X1 + 0,191 X2. Berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. pertama, berdasarkan hasil uji F maka (Fhitung > Ftabel), yaitu sebesar 52,926 > 3,07. Kedua, berdasarkan hasil uji t maka (thitung > ttabel), yaitu fasilitas belajar sebesar 5,643 > 1,979 dan motivasi berprestasi sebesar 5,074 > 1,979. Berdasarkan uji koefisien determinasi, fasilitas belajar dan motivasi berprestasi secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 46,1% sedangkan sisanya 53,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar simulasi digital pada siswa di SMK Negeri 44 Jakarta. Indikator terendah dari fasilitas belajar adalah sarana dengan sub indikatornya yaitu media pembelajaran. Oleh karena itu, sekolah hendaknya menambah koleksi buku di perpustakaan agar siswa tidak kesulitan dalam mencari referensi untuk kegiatan belajarnya. Sedangkan indikator terendah motivasi berprestasi adalah bertanggung jawab. Oleh karena itu, guru dan orang tua harus dapat membangkitkan motivasi berprestasi siswanya agar mereka dapat lebih rajin dalam mengerjakan tugas sehingga tidak melihat tugas temannya. The purpose of this research is to know the influence of learning facilities and achevement motivation to digital simulation learning outcomes on students at Vocational High School 44 Jakarta. This research was conducted for four months from February until May 2017. The method of research is survey with correlational approach. The population in this research were all students at Vocational High School 44 Jakarta amounted to 588 students. Population affordability are students of first level class amounted to 205 students. The technique sampling had been used proportional random sampling technique, so the sample in this research was 127 respondents. The technique record of data used quesioner and documentation. Based on the analysis requirements test, data has been normal and have a linear relationship. Based on the classic assumption test, the absence of multicollinearity for Tolerance value of learning facilities and achievement motivation was 0,791 > 0,1, and VIF value of 1,264 < 10. While, heteroskedasticity test with of Spearman’s rho test, the significance of learning facilities 0,578 . 0,05 and achievement motivation 0,838 > 0,05. Than regression equation that Ŷ = 36,425 + 0,235 X1 + 0,191 X2. Based on the hypothesis test was like F tst and t test. First, based on the results of the F test with (Fcount > Ftable), that of 52,926 > 3,07. Second, based on the results of the t test with (tcount > ttable), that learning facilities of 5,643 > 1,979 and achievement motivation of 5,074 > 1,979. Based on the coefficien determination test, learning facilities and achievement motivation simultaneously influence on learning outcomes of 46,1% while the rest of 53,9% influence by the other factors not research. It is concluded that there are significant influence between learning facilities and achievement motivation on digital simulation learning outcomes to student at Vocational High School 44 Jakarta. The lowest indicator of learning facilities is a means with sub indicator is learning media. Therefore, the school should add a collection of books in the library. While the lowest indicator of achievement motivation is responsible. Therefore, teachers and parents should be able to generate motivation achievement of their students so that they can be more diligent in doing tasks so don’t see task of his friends.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr. Ponco Dewi K., MM 2). Darma Rika Swaramarinda, S.Pd., M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Nov 2021 05:59
Last Modified: 12 Nov 2021 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21416

Actions (login required)

View Item View Item