YULIA NINGSIH, . (2017) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) KELAS IV SDN CEMPAKA PUTIH BARAT 17 PAGI SENEN JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf Download (86kB) |
|
Text
Abstrak B.Inggris.pdf Download (163kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (41kB) |
|
Text
Daftar Gambar.pdf Download (88kB) |
|
Text
Daftar Grafik.pdf Download (4kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (100kB) |
|
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (90kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) |
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (84kB) |
|
Text
JURNAL YULIA NINGSIH.pdf Download (327kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (184kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (307kB) |
|
Text
Lembar Persembahan.pdf Download (120kB) |
|
Text
Motto.pdf Download (125kB) |
|
Text
Persetujuan Komisi Pembimbing.pdf Download (293kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Download (98kB) |
|
Text
Surat Keterangan SD.pdf Download (266kB) |
|
Text
Surat Keterangan Validasi.pdf Download (191kB) |
|
Text
Validasi Instrumen PBL Guru.pdf Download (111kB) |
|
Text
Validasi Instrumen PBL Siswa.pdf Download (110kB) |
|
Text
Validasi Instrumen Pemahaman Konsep.pdf Download (368kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (371kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah Kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan di SDN 17 Pagi Senen, yang berlokasi di jalan Cempaka Putih Barat XIV No.15 Senen Jakarta Pusat. Waktu penelitian dilaksanakan selama bulan September sampai dengan Desember 2016 pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc.Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Pada siklus I adalah 44,00% dan meningkat pada siklus II sebesar 92,00%. Adapun persentase data pemantauan tindakan guru pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 67,50%, pertemuan ke-2 sebesar 71,25% dan pertemuan ke-3 sebesar 73,75%. Pada siklus II meningkat menjadi pertemuan ke-1 sebesar 83,75%, pertemuan ke-2 sebesar 88,75% dan pertemuan ke-3 sebesar 95,00%. Sementara persentase data pemantauan tindakan siswa pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 65,00%, pertemuan ke-2 sebesar 68,75% dan pertemuan ke-3 sebesar 73,75%. Pada siklus II meningkat menjadi pertemuan ke-1 sebesar 80,00%, pertemuan ke-2 sebesar 87,50% dan pertemuan ke-3 sebesar 93,75%. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat. Kata kunci: Pemahaman konsep matematika, Model pembelajaran berbasis masalah, Kelas IV SD. The purpose of this study was to improve understanding of mathematical concepts through problem-based learning model Class IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen. Research conducted at SDN 17 Pagi Senen, which is located in the Cempaka Putih Barat 15 Senen XIV. The research was conducted during the months of September to December 2016 in the first semester of school year 2016-2017. The method used was classroom action research using a model of Kemmis and Mc.Taggart cycles with each cycle of four phases namely planning, action, observation and reflection. Results of research by applying problem based learning can improve students' understanding of mathematical concepts. In the first cycle was 44.00% and increased in the second cycle of 92.00%. The percentage of teachers' actions monitoring data in the first cycle to the 1st meeting of 67.50%, 2nd meeting amounted to 71.25% and 3 rd at 73.75%. In the second cycle increased to-one meetings to 83.75%, 2nd meeting amounted to 88.75% and 3 rd at 95.00%. While the percentage of student action monitoring data in the first cycle to the 1st meeting of 65.00%, 2nd meeting amounted to 68.75% and 3 rd at 73.75%. In the second cycle increased toone meetings to 80.00%, 2nd meeting amounted to 87.50% and 3 rd at 93.75%. Thus, learning mathematics using problem based learning can improve students' understanding of mathematical concepts. The implication of this research is through the use of problem-based learning model in the study of mathematics can improve the understanding of mathematical concepts fourth grade students of SDN 17 Pagi Cempaka Putih Barat Senen. Keywords: Understanding of mathematical concepts, problem-based learning model, Class IV SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 06:34 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 06:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21424 |
Actions (login required)
View Item |