ELNA TANTI KARTIKA PUTRI, . (2018) SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN RAWAMANGUN 12 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover Halaman Depan.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (145kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (135kB) |
|
Text
6. Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Lampiran.pdf Download (235kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (377kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (373kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (239kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Download (327kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Download (104kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
|
Text
19. Lampiran 12-19 Dokumen Sekolah.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. Lampiran 8 Klasifikasi Data.pdf Download (290kB) |
|
Text
16. Lampiran 9 Reduksi Data.pdf Download (135kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta Timur, dengan sub fokus perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan tindak lanjut hasil pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari 2018 – Juli 2018. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, studi dokumentasi, dan studi pengamatan. Informan kunci dari penelitian ini adalah kepala sekolah. Adapun informan pendukungnya wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan tiga orang guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan menentukan tujuan supervisi akademik, sasaran supervisi akademik, instrumen supervisi akademik, jadwal pelaksanaan supervisi akademik, teknik supervisi akademik, dan berbagai persiapan lainnya untuk menunjang pelaksanaan supervisi akademik; (2) Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan kepala sekolah dengan kunjungan kelas dan observasi tidak terstruktur, serta merumuskan berbagai permasalahan yang ditemui beserta cara mengatasi permasalahan tersebut; (3) Tindak lanjut dari hasil pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui pembinaan seperti masukan, arahan, dan motivasi yang diberikan bagi para guru sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja para guru tersebut kearah yang lebih baik agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik dan berdampak terhadap peningkatan prestasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd 2) Dr. Desi Rahmawati, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 15:32 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 15:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2144 |
Actions (login required)
View Item |