UPAYA MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIA BUDI JAKARTA SELATAN

Yuberli Talimbung, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIA BUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
ABSTRAK BINDO.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Angket Sikap Ilmiah Siswa.pdf

Download (111kB)
[img] Text
CATATAN LAPANGAN SIKLUS I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
CATATAN LAPANGAN SIKLUS II.pdf

Download (104kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR .pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83kB)
[img] Text
JURNAL .pdf

Download (232kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LKS SIKLUS 1 PERTEMUAN 1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN VALIDASI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (225kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan sikap ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran CLIS Pada Siswa Kelas IV di SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini diadakan di SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester II tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CLIS pada siklus I adalah 72,19%, dan siklus II 91,25%. Adapun skor persentase sikap ilmiah siswa pada siklus I adalah 64,29% dan siklus II 89,29%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran CLIS pada pembelajaran IPA. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa melalui model pembelajaran CLIS merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa di kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Kata Kunci: Model Pembelajaran CLIS, Sikap Ilmiah The purpose of this study is an effort to improve the scientific attitude Students In Science Education through Learning Model CLIS Students of Class IV in SDN 06 Menteng Atas Morning setiabudi. The research was conducted at SDN 06 Menteng Atas Morning setiabudi. The subjects of this study is the fourth grade students in the second semester of academic year 2017/2018 totaling 28 people. This research method is by using action research spiral model / cycle of Stephen Kemmis and Mc. Taggart with a twostage cycle of planning, implementation / action, observation and reflection. Data collection techniques through observation / observation, and the collection of data by using documentation / photos taken during the learning process. The results show that the data obtained from the learning process by using model CLIS in the first cycle is 72,19%, and the second cycle 91.25%. The score percentage of scientific attitude of students in the first cycle is 64,29% and 89,29% the second cycle. From the results of this study concluded that the scientific attitude fourth grade students of SDN 06 Menteng Atas Morning setiabudi can be enhanced through learning model CLIS in learning science. The implication of this study is that through CLIS learning model is one model of learning that can Scientific Attitude intelligence of students in the fourth grade SDN 06 Menteng Atas Morning setiabudi. Key Words: CLIS Learning Model, Scientific Attitude

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd., 2) Drs. Endang Wahyudiana
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:24
Last Modified: 17 Nov 2021 03:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21460

Actions (login required)

View Item View Item