MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MEMUKUL PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN TOKEN EKONOMI (Single Subject Research di Sekolah Luar Biasa Negeri 02 Jakarta)

Ersa Ramadhan Sahar, . (2018) MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MEMUKUL PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN TOKEN EKONOMI (Single Subject Research di Sekolah Luar Biasa Negeri 02 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (177kB)
[img] Text
a. Bab 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
b. Bab 2.pdf

Download (402kB)
[img] Text
c. Bab 3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
d. Bab 4.pdf

Download (267kB)
[img] Text
e. Bab 5.pdf

Download (98kB)
[img] Text
f. Bab 6.pdf

Download (261kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi perilaku memukul teman dengan token ekonomi pada peserta didik hambatan intelektual kelas VII di SLB Negeri 02 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan disain A-B-A dan dianalisis menggunakan analisis visual dalam kondisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan pencatatan frekuensi dan durasi perilaku pada tiap fase. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengurangan perilaku memukul pada peserta didik hambatan intelektual. Sebelum diberikan intervensi, peserta didik memukul temannya sebanyak 49 kali, setelah diberikan intervensi perilaku memukul teman muncul sebanyak 26 kali. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memberikan intervensi adalah kondisi lingkungannya. Peneliti harus menciptakan lingkungan yang kondusif, lingkungan yang kondusif sangat mempengaruhi hasil dari intervensi tersebut. Implikasinya, guru dapat menggunakan token ekonomi untuk mengurangi perilaku negatif ataupun untuk meningkatkan perilaku positif bagi peserta didik hambatan intelektual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Irah Kasirah, M.Pd 2) Leliana Lianty,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Dec 2019 11:42
Last Modified: 06 Dec 2019 11:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2152

Actions (login required)

View Item View Item