DOUBLE BURDEN PEREMPUAN PEKERJA SEKTOR INFORMAL DI KOTA JAKARTA TIMUR (Studi Kasus: Enam Orang Istri Bekerja Pada Sektor Informal di Kelurahan Penggilingan, Jakarta Timur)

Rynatha Astary Ayu, . (2019) DOUBLE BURDEN PEREMPUAN PEKERJA SEKTOR INFORMAL DI KOTA JAKARTA TIMUR (Studi Kasus: Enam Orang Istri Bekerja Pada Sektor Informal di Kelurahan Penggilingan, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (442kB)
[img] Text
3.LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (430kB)
[img] Text
ABSTRAK&ABTRAC,DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran istri sebagai pencari nafkah yang berlokasi di Penggilingan, Jakarta Timur, meliputi: Strategi mencari nafkah,Pengelolaan keuangan dengan suami, faktor-faktor yang menyebabkan istri yang menjadi bekerja, peran perempuan di ranah domestik, stratrgi bertahan perempuan dalam pemenuhan ekonomi keluarga. Penelitian dilakukan di Kelurahan Penggilingan, Jakarta Timur selama tujuh bulan dari Juni 2018 sampai dengan Januari 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Subjek penelitian ini adalah istri sebagai pencari nafkah utama di Kelurahan Penggilingan, Jakarta Timur. Total Informan pada penelitian ini ada enam orang, yaitu ibu anna (sebagai pekerja pemulung), ibu nurhayati (sebagai pekerja pemulung), ibu nurlela (sebagai pekerja pemulung), ibu asni (sebagai pekerja menjual kue keliling), ibu suti (sebagai pekerja menjual kue keliling) dan ibu maisyarah (Sebagai tukang jamu keliling). Konsep yang digunakan untuk menganalisis data yaitu, konsep peran, konsep nafkah, konseo keluarga dan konsep double burden (beban ganda). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Istri - Istri sangat berperan sebagai pencari nafkah utama bagi keluarga. Hal tersebut dilatarbelakangi karena rendahnya penghasilan suami, tingginya tingkat kebutuhan hidup, besarnya tanggungan anak dan biaya pendidikannya, adanya dorongan dari dalam diri untuk memperoleh kehidupan yang lebih mapan, dan adanya keinginan istri untuk bekerja. Istri umumnya memilih pekerjaan di sektor informal. Alasan memilih bidang pekerjaan tersebut karena kesulitan memperoleh pekerjaan, keterbatasan lapangan kerja, kurangnya kreativitas perempuan, kuranganya keterampilan (life skill), dan tidak adanya modal usaha untuk membuka usaha sendiri. Kendala-kendala yang dihadapi adalah minimnya modal usaha, banyaknya saingan dalam bekerja dan tidak adanya transportasi. Peran ganda perempuan sebagai ibu rumah tangga dan sebagai pencari nafkah utama keluarga berdampak pada kurang maksimalnya perempuan dalam menjalankan fungsi sebagai pencari nafkah utama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si ; 2). Devi Septiandini, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 19 Nov 2021 01:49
Last Modified: 19 Nov 2021 01:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item