INTERNALISASI NILAI KARAKTER KEWARGANEGARAAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn (Studi Deskriptif di SMAN 4 Kota Tangerang Selatan)

RIFQI NABIL MUHAMMAD, . (2019) INTERNALISASI NILAI KARAKTER KEWARGANEGARAAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn (Studi Deskriptif di SMAN 4 Kota Tangerang Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (358kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (603kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai Internalisasi nilai karakter kewarganegaraan siswa melalui Pembelajaran PPKn di SMAN 4 Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn di SMAN 4 Kota Tangerang Selatan mengikuti prinsip pembelajaran yang ada di kurikulum 2013, dimana pembelajaran berpusat kepada siswa serta bermuatan karakter. Internalisasi nilai karakter kewarganegaraan dalam pembelajaran PPKn dilakukan berdasarkan tiga tahapan proses internalisasi, yakni transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Nilai karakter kewarganegaraan yang terinternalisasi adalah: 1) disiplin; 2) kesopanan; 3) kemauan untuk mendengar; 4) tanggungjawab sosial; 5) kepedulian; 6) toleran terhadap perbedaan; 7) kejujuran; 8) kemauan menerima pendapat dan kritik orang lain; 9) melindungi menghormati dan melaksanakan hak serta kewajiban; 10) berpartisipasi secara bertanggungjawab dalam kehidupan politik dan masyarakat; 11) dan karakter terbuka. Internalisasi nilai karakter kewarganegaraan melalui pembelajaran PPKn memberikan dampak yang positif dengan adanya pengamalan karakter kewarganegaraan oleh siswa Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa internalisasi nilai karakter kewarganegaraan siswa melalui pembelajaran PPKn sesuai dengan tiga tahapan internalisasi dan mencapai tujuan pembelajaran PPKn di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sarkadi M.Si. ; 2). Mohammad Maiwan, Ph.D
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2021 05:35
Last Modified: 19 Nov 2021 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21542

Actions (login required)

View Item View Item