PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN MODEL EKSPOSITORI DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VI SDN Bendungan Hilir, Kec.Tanah Abang, Jakarta Pusat)

EDY PURNOMO, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN MODEL EKSPOSITORI DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VI SDN Bendungan Hilir, Kec.Tanah Abang, Jakarta Pusat). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. Halaman Depan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
07. Ringkasan.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TAI (Teams Assisted Individualization) dan model ekspositori dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan koneksi matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Bendungan Hilir 09 Pagi dan SDN Bendungan Hilir 01 Pagi, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada kelas VI semester satu tahun pelajaran 2018/2019 menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalan dengan desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan koneksi matematika siswa yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan koneksi matematika, (3) kemampuan koneksi matematika siswa yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih tinggi dari pada siswa yang yang diperlakukan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori bagi siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, (4) kemampuan koneksi matematis siswa yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih rendah daripada siswa yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran ekspositori bagi siswa yang memiliki kemampuan awal matematis rendah. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe (Team Assisted Individualization) dengan pendekatan open-ended berimplikasi terhadap tugas guru yaitu: memberikan kesempatan siswa belajar secara individu dan kelompok, membiasakan belajar secara aktif dan berkolaborasi dengan teman sebaya, memberikan wawasan terhadap pengelolaan pembelajaran pada kelompok yang heterogen, memberikan contoh pembuatan soal-soal open-ended. ********** This study aims to determine the effect of models cooperative learning type TAI (team assisted individualization) and expositories model with open-ended approached to mathematical connection skills. This research was conducted at SDN Bendungan Hilir 09 Pagi and Bendungan Hilir Elementary School 01 Pagi, Tanah Abang, Central Jakarta in class VI of the first semester of the school year 2018/2019 using cluster random sampling with a total sample of 52 students. Data retrieval was done through tests and analyzed using two-way Variance (ANOVA) analysis with treatment design by level 2 x 2. The results showed that: (1) mathematical connection ability of students treated using a cooperative model (Team Assisted Individualization) was higher than students who are taught to use the expository model, (2) there is an interaction effect between the learning model and the initial mathematical ability to the mathematical connection ability, (3) for students who have high initial mathematical abilities, the mathematical connection ability of students treated using a cooperative model (Team Assisted Individualization) same as students who are treated using the expository model, (4) for students who have low initial mathematical abilities, students who are applied use a cooperative model (Team Assisted Individualization) higher than students who are treated using the expository model. The results of this study indicate that the learning model and initial mathematical abilities can influence mathematical connection skills. Implementation of type Cooperative learning model (Team Assisted Individualization) by using open implications for the teacher's tasks, namely: providing opportunities for individual and group student learning, familiarizing learning actively and collaborating with peers, providing assistance to learning in heterogeneous groups, giving examples making open questions

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Dr. Ajad Sudrahat, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Nov 2021 08:43
Last Modified: 22 Nov 2021 08:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21569

Actions (login required)

View Item View Item