ANALISIS HARMONISA JARINGAN LISTRIK BERBASIS POWER QUALITY ANALYZER (PQA) (Studi Pada Gedung L Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta)

MUHAMAD MUKHSITAL AZIZI, . (2015) ANALISIS HARMONISA JARINGAN LISTRIK BERBASIS POWER QUALITY ANALYZER (PQA) (Studi Pada Gedung L Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harmonisa arus dan tegangan serta pengaruh harmonisa arus terhadap terjadinya arus netral di Gedung L Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana menggambarkan kondisi kualitas listrik di Gedung L Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pengukuran. Observasi bertujuan untuk mengetahui konfigurasi panel sub distribusi tiap lantai dan mengetahui data komponen beban yang digunakan tiap fasa per lantai. Setelah data terkumpul, dilakukan pengukuran untuk mengetahui harmonisa arus dan tegangan, serta arus netral. Teknik analisisnya dengan membandingkan hasil pengukuran terhadap standar IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) 519-1992. Dari hasil pengukuran dan analisis menunjukkan bahwa terjadi harmonisa arus dan tegangan. Untuk harmonisa arus THD nya berkisar antara 2,6% - 7,5%, sedangkan untuk harmonisa tegangan THD nya berkisar antara 1% - 3%. Jika dibandingkan dengan standar harmonisa arus dan tegangan yang mengacu pada IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) 519-1992 menunjukkan bahwa masih dalam batasan yang diperbolehkan atau aman untuk digunakan. Sedangkan terjadinya arus netral yang disebabkan oleh harmonisa arus sebesar 10,3 % - 92,3%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Massus Subekti, S.Pd., M.T ; 2). Mochammad Djaohar, S.T., M.Sc
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:28
Last Modified: 23 Nov 2021 03:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21576

Actions (login required)

View Item View Item