PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

EMILIANA ETY HAPSARI, . (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (178kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (152kB)
[img] Text
12. a. BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
12. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text
12. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
12. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan untuk pengambilan data dilaksanakan di SD Regina Pacis Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi. Responden sumber data yaitu guru dan siswa kelas IV SD yang berjumlah 18 orang. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi melalui penyajian data dengan menggunakan grafik, diagram atau tabel, serta adanya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar melalui penerapan pendekatan saintifik. Peningkatan hasil belajar IPA ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar secara kognitif, afektif, dan psikomotor. Berdasarkan aktivitas kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan melalui pendekatan saintifik juga mengalami peningkatan hal ini ditunjukkan melalui tahapan proses pembelajaran saintifik yang membuat pembelajaran berpusat pada siswa melalui tahapan kegiatan saintifik yaitu mengamati, menyanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan sudah berjalan dengan efektif dan proses pembelajaran yang terjadi melalui pendekatan saintifik mampu membuat siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peningkatan hasil belajar IPA dengan pendekatan saintifik dilakukan dengan cara mengkondisikan siswa secara aktif untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang mengasah kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. ********* This study using qualitative method whereas the data collection was carried out on Regina Pacis Elementary School, with respondent 18 person students of grade IV. Data collection techiques using field notes, documentation, and observation. Data validity test is using triangulation techniques. Data analysis using description analysis techniques. The results of this study indicate an increase in learning outcomes through the application of a scientific approach, shown by an increase in cognitive, affective, and psychomotoric learning outcomes. Scientific learning centered on students through the stages of scientific activities; gatering information, associating, and communication that it has run effectively. Its occurs through a scientific approach able to make students to construct their own knowledge. Based on the results of this study it can be concluded that the increase in science learning outcoes with a scientific approach is carried out by actively conditioning students to construct their own knowledge through various learning activities that gaining student’s cognitive, affective, and psychomotor abilities.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Moch. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. I Made Astra, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 24 Nov 2021 06:10
Last Modified: 24 Nov 2021 06:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21594

Actions (login required)

View Item View Item