ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA PENGAJARAN SEJARAH DI SMA LABSCHOOL KEBAYORAN

ESTIK WIJAYASARI, . (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA PENGAJARAN SEJARAH DI SMA LABSCHOOL KEBAYORAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
8.BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
9.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
10.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep kemampuan berpikir HOTS dan penerapannya dalam pembelajaran sejarah di SMA Labschool Kebayoran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory Anselm Strauss dan Juliet Corbin. objek penelitian adalah pembelajaran yang dilakukan salah seorang guru sejarah di SMA Labschool Kebayoran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) konsep HOTS yang digunakan guru sejarah dalam mengajar menggunakan analisis, seintesis, dan mencipta. (2) HOTS pada penerapannya dalam pembelajaran oleh guru sejarah di SMA Labschool Kebayoran ditunjukkan dengan menerapkan soal penilaian tengah semester yang tidak biasa, menggunakan model pembelajaran inquiry, problem based learning ataupun discovery learning mendukung perkembangan HOTS siswa. Penerapan lainnya dalam mengasah skill HOT siswa ditunjukkan dengan memberikan tugas seperti menyusun autobiografi, membuat fosil, maupun menyusun karya tulis. ********* This study aims to find out about the concept of HOTS thinking ability and its implementation in history learning at Labschool Kebayoran. This study used a qualitative method with Anselm Strauss and Juliet Corbin's grounded theory approach. The object of research is the learning carried out by one of the history teachers at Labschool Kebayoran. The results of the study can be concluded that (1) the HOTS concept used by history teachers in teaching uses analysis, synthesis, and creation. (2) Implementation of HOTS in learning by history teachers at Labschool Kebayoran is shown by applying unusual midterm assessment questions, using the inquiry learning model, problem based learning or discovery learning to support the development of HOTS students. Other applications in honing HOT students' skills are shown by giving assignments such as compiling autobiographies, making fossils, and composing papers.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Kurniawati, M.Si. ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah (Umum)
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 24 Nov 2021 06:26
Last Modified: 24 Nov 2021 06:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item View Item