GAMBARAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK TERLAMBAT BICARA (SPEECH DELAY) (Studi kasus pada anak usia 9 Tahun kelas 3 SD di SDS Bangun Mandiri)

FITRIYANI, . (2019) GAMBARAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK TERLAMBAT BICARA (SPEECH DELAY) (Studi kasus pada anak usia 9 Tahun kelas 3 SD di SDS Bangun Mandiri). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan perkembangan bahasa dan perilaku sosial-emosional yang mempengaruhi anak-anak dengan keterlambatan bicara, mulai dari deteksi dini masalah bahasa dan bicara, program intervensi, pengembangan akademis di sekolah dan perkembangan sosial-emosional dan faktor-faktor yang menyertainya. anak-anak dengan keterlambatan bicara. Studi ini didasarkan pada pengamatan seorang anak berusia 9 tahun, yang dilakukan sejak September 2018 hingga Januari 2019, dengan beberapa akuisisi data sejak 2012 ketika deteksi dini gangguan bahasa dan berbicara. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan perkembangan anak-anak dengan masalah keterlambatan bicara dan bahasa (keterlambatan bicara), dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dan pengaruh perilaku sosialemosional mereka. Temuan dalam penelitian ini adalah perilaku sosialemosional yang memiliki pengaruh besar pada perkembangan anak dengan gangguan keterlambatan bahasa, yang memerlukan program intervensi yang sesuai dengan dukungan keluarga dan lingkungan sekitarnya. ******** This research was conducted to describe the development of language and socio-emotional behavior that affect children with speech delay, starting from early detection of language and speech problems, intervention programs, academic development in schools and socio-emotional development and the accompanying factors. children with speech delay. The study was based on observations of a 9-year-old child, conducted since September 2018 until January 2019, with some data acquisition since 2012 when early detection of language and speaking disorders. The study was conducted using a qualitative approach with a case study method. Data collection through observation, interviews and document studies. The purpose of this study was to describe the development of children with problems of speech delay and language (speech delay), seen from the cognitive, affective and psychomotor aspects and the influence of their socio-emotional behavior. The findings in this study are socioemotional behaviors that have a major influence on the development of a child with a language delay disorder, for which an intervention program is needed that is in accordance with the support of the family and the surrounding environment.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Dr. Asep Supena, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:44
Last Modified: 25 Nov 2021 05:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21605

Actions (login required)

View Item View Item