PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS ADOBE FLASH CS6 SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMK

NAFIK MAULA, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS ADOBE FLASH CS6 SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
Cover - Lampiran.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)

Abstract

Skripsi ini disusun dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran perakitan komputer berbasis flash menggunakan program komputer Adobe Flash CS6, sehingga dapat mempermudah siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Media pembelajaran perakitan komputer merupakan sumber belajar yang digunakan untuk mempelajari materi prosedur bongkar pasang komponen komputer yang dilaksanakan oleh guru sebagai sumber ajar di sekolah dan oleh siswa sebagai sumber belajar di rumah. Proses pengembangan media pembelajaran ini, menggunakan metode Research and Development (R&D). Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut Media pembelajaran perakitan komputer berbasis Adobe Flash CS6 sebagai sumber belajar bagi siswa SMK berhasil dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan adalah perangkat media pembelajaran dalam bentuk CD yang berisi file .exe, .swf dan telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Keberhasilan media pembelajaran sesuai dengan hasil validasi. Validitas ahli materi terhadap aspek belajar dan aspek isi diperoleh skor sebesar 91 dari skor maksimum 100, sehingga presentase yang diperoleh sebesar 91%. Validitas ahli media terhadap aspek tampilan, program, dan peran media diperoleh skor 93,80 dari skor maksimum 100, sehingga presentase yang diperoleh sebesar 93,80%. Hasil responden 32 siswa terhadap aspek belajar, isi, tampilan, program diperoleh skor 87,85 dari skor maksimum 100, sehingga presentase yang diperoleh sebesar 87,85%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd. ; 2). Lipur Sugiyanta, Ph.D
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:44
Last Modified: 25 Nov 2021 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21612

Actions (login required)

View Item View Item