PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDIO, KINESTETIK) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen di SDN Majalengka Wetan VII)

HELMI YAHYA NURDIANSYAH, . (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDIO, KINESTETIK) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen di SDN Majalengka Wetan VII). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh pengaruh strategi pembelajaran Visual, Audio, Kinestetik (VAK) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain kelompok by level 2 x 2. Analisis data menggunakan analisis varian 2 jalur (ANOVA). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Majalengka Wetan VII. Adapun hasil penelitian ini pertama, hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran VAK lebih tinggi daripada yang belajar dengan pembelajaran ekspositori. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Ketiga, hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan strategi pembelajaran VAK lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran ekspositori. Keempat, hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan strategi pembelajaran VAK lebih rendah daripada menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. ******** This study objective was to find the effect of VAK (Visual, Audio, Kinesthetic) learning strategies and critical thinking skills on natural science learning outcomes for elementary school students. This study used an experimental method using group design by 2 x 2 level. Analysis of variance 2 paths (ANOVA) was used to analyze the data. This study was conducted on the fifth grade students of SDN Majalengka Wetan VII. The results of this study showed that: first, student learning outcomes using VAK learning strategies were higher than using expository learning. Second, there was an influence of the interaction between learning strategies and the ability to think critically on student learning outcomes. Third, the learning outcomes of students who have high critical thinking skills using VAK learning strategies were higher than using expository learning. Fourth, the learning outcomes of students who have low critical thinking skills using VAK learning strategies were lower than using expository learning strategies

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:27
Last Modified: 29 Nov 2021 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21614

Actions (login required)

View Item View Item