Fachrizal Harsyahdu, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS XII MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SMALB BUDI DAYA JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di SMALB Budi Daya, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (114kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (782kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (445kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (394kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (404kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (598kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik tunagrahita kelas XII melalui metode bermain peran di SLB Budi Daya Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita ringan kelas XII sebanyak 5 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Mc. Kernan yang terdiri dari analisis hasil, perumusan dan klarifikasi permasalahan, hipotesis tindakan, perencanaan tindakan, penerapan tindakan dan monitoring, evaluasi hasil tindakan, refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan lembar kerja siswa. Hasil yang diperoleh pada kemampuan awal belum mencapai nilai yang diharapkan yaitu 70. Setelah memperoleh data kemampuan awal dilakukanlah siklus I. Dari hasil tes evaluasi yang dilakukan pada siklus I yaitu terdapat peningkatan pada setiap peserta didik namun nilai yang diperoleh belum mencapai batas ketuntasan. Untuk itu dilanjutkan pada siklus II. Hasil yang diperoleh dari siklus II yaitu seluruh peserta didik mengalami peningkatan dalam hasil keterampilan jual beli dan sudah mencapai nilai yang diharapkan. Diharapkan guru dapat menggunakan metode bermain peran khususnya pada mata pelajaran matematika karena dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan jual beli dan pengoperasian uang dengan baik dan benar pada peserta didik tunagrahita kelas XII di SMALB Budi Daya Jakarta Timur
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Ibrahim Abidin M.Pd 2) Riana Bagaskorowati, Ph.D |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 14:46 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 14:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2167 |
Actions (login required)
View Item |