MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS XII MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SMALB BUDI DAYA JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di SMALB Budi Daya, Jakarta Timur)

Fachrizal Harsyahdu, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS XII MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SMALB BUDI DAYA JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di SMALB Budi Daya, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (782kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (445kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik tunagrahita kelas XII melalui metode bermain peran di SLB Budi Daya Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita ringan kelas XII sebanyak 5 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Mc. Kernan yang terdiri dari analisis hasil, perumusan dan klarifikasi permasalahan, hipotesis tindakan, perencanaan tindakan, penerapan tindakan dan monitoring, evaluasi hasil tindakan, refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan lembar kerja siswa. Hasil yang diperoleh pada kemampuan awal belum mencapai nilai yang diharapkan yaitu 70. Setelah memperoleh data kemampuan awal dilakukanlah siklus I. Dari hasil tes evaluasi yang dilakukan pada siklus I yaitu terdapat peningkatan pada setiap peserta didik namun nilai yang diperoleh belum mencapai batas ketuntasan. Untuk itu dilanjutkan pada siklus II. Hasil yang diperoleh dari siklus II yaitu seluruh peserta didik mengalami peningkatan dalam hasil keterampilan jual beli dan sudah mencapai nilai yang diharapkan. Diharapkan guru dapat menggunakan metode bermain peran khususnya pada mata pelajaran matematika karena dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan jual beli dan pengoperasian uang dengan baik dan benar pada peserta didik tunagrahita kelas XII di SMALB Budi Daya Jakarta Timur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Ibrahim Abidin M.Pd 2) Riana Bagaskorowati, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Dec 2019 14:46
Last Modified: 06 Dec 2019 14:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item