PENGEMBANGAN SILABUS DAN BAHAN AJAR LITERASI BAHASA REJANG SEBAGAI MUATAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR(Penelitian dan Pengembangan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu)

MARIA BOTIFAR, . (2021) PENGEMBANGAN SILABUS DAN BAHAN AJAR LITERASI BAHASA REJANG SEBAGAI MUATAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR(Penelitian dan Pengembangan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengembangkan produk berupa silabus dan bahan ajar literasi Bahasa Rejang yang layak dan efektif digunakan di sekolah dasar. Penelitian ini didasari oleh situasi empiris dalam silabus dan bahan ajar Bahasa Rejang yang digunakan selama ini belum mengintegrasikan peningkatan keterampilan berbahasa dan literasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengombinasikan antara metode R&D yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dengan model pengembangan silabus dan bahan ajar yang diadaptasi dari model Jolly dan Bolitho. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumen. Analisis data menggunakan uji t dan uji N Gain. Hasil pengembangan produk dalam penelitian ini mengembangkan enam tema dengan literasi budaya sebagai konten intinya. Uji kelayakan dilakukan secara teoritis dan empiris. Hasil uji kelayakan secara teoritis dari pakar literasi, pakar silabus dan bahan ajar serta pakar Bahasa Rejang menghasilkan kategori layak dan sangat layak. Sementara uji empiris dilakukan melalui uji one to one dan uji kelas kecil yang menghasilkan respon siswa dengan kategori tinggi dan sangat tinggi. Dari hasil uji empiris dan teoritis diperoleh kesimpulan produk silabus dan bahan ajar layak untuk dilakukan uji lapangan. Uji lapangan dilakukan di dua kelas yang berbeda. Dari uji lapangan diperoleh hasil tingkat keaktifan siswa mencapai 75%, sementara proses dan hasil pembelajaran 65%. Eksperimen semu dilakukan untuk menguji efektifitas silabus dan bahan ajar pada dua kelas yang berbeda. Hasil uji efektifitas diperoleh hasil pada kedua kelas adalah terdapat perbedaan hasil sebelum dan setelah menggunakan silabus dan bahan ajar literasi Bahasa Rejang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah produk silabus dan bahan ajar literasi Bahasa Rejang layak dan efektif digunakan di sekolah dasar di kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Kata kunci: pengembangan silabus, pengembangan bahan ajar, literasi Bahasa Rejang ******** The aim of the research is to develop a product in the form of a syllabus and teaching materials for Rejang Language literacy that are appropriate and effective for use in elementary schools. This research is based on the empirical situation in the syllabus and the Rejang language teaching materials used so far have not integrated the improvement of language and literacy skills. This research is a development research that combines the R&D method developed by Borg and Gall with the syllabus development model and teaching materials adapted from the Jolly and Bolitho model. Data collection techniques using observation techniques, interviews, questionnaires and documents. Data analysis used t test and N Gain test. The product development results in this study developed six themes with cultural literacy as the core content. The feasibility test was carried out theoretically and empirically. The results of the theoretical feasibility test from literacy experts, syllabus and teaching materials experts as well as Rejang language experts resulted in a decent and very feasible category. While the empirical test was carried out through a one to one test and a small class test which resulted in student responses in the high and very high categories. From the results of empirical and theoretical tests, it is concluded that the syllabus and teaching materials are suitable for field testing. Field tests were carried out in two different classes. From the field test, it was found that the student's level of activity reached 75%, while the process and learning outcomes were 65%. A quasi-experiment was conducted to test the effectiveness of the syllabus and teaching materials in two different classes. The results of the effectiveness test showed that in both classes there were differences in results before and after using the syllabus and Rejang Language literacy teaching materials. The conclusion in this study is that the product syllabus and literacy teaching materials for Rejang Language are feasible and effective to use in elementary schools in Rejang Lebong Regency, Bengkulu Province keyword: syllabus development, teaching materials development, Rejang language literacy

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 11748 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:16
Last Modified: 07 Dec 2021 03:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21711

Actions (login required)

View Item View Item