Minarni, . (2019) PILIHAN RASIONAL MASYARAKAT SUKU BADUY LUAR MEMILIH PENDIDIKAN NONFORMAL DI PKBM KENCANA UNGU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover Halaman Depan.pdf Download (26kB) |
|
Text
2. Abstrak & Abstract.pdf Download (105kB) |
|
Text
3. Lembar Persetujuan (Scan).pdf Download (294kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas (Scan).pdf Download (308kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (300kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (279kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (643kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (289kB) |
Abstract
Penelitian ini secara garis besar memiliki tujuan utama yaitu; Pertama, mendeskripsikan budaya belajar masyarakat Suku Baduy Luar pada pendidikan nonformal di PKBM Kencana Ungu. Kedua, mendeskripsikan masyarakat Suku Baduy Luar memilih pendidikan nonformal di PKBM Kencana Ungu dalam perspektif pilihan rasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 7 masyarakat Suku Baduy Luar yang mengakses pendidikan nonformal di PKBM Kencana Ungu. Lokasi penelitian dilakukan di PKBM Kencana Ungu dan pemukiman masyarakat Suku Baduy Luar. Waktu penelitian dilakukan selama satu bulan pada Bulan Januari 2019. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literature dan pustaka maupun internet yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan data temuan yang diperoleh dari penelitian ini, budaya belajar pada Suku Baduy Luar mengalami perubahan. Budaya belajar ini yang sebelumnya budaya belajar Suku Baduy Luar yaitu budaya lisan turun-temurun, kini menjadi budaya tulisan. Perubahan budaya belajar ini menyebabkan perubahan perilaku Suku Baduy Luar terhadap tatanan adat. Pertimbangan dasar masyarakat Suku Baduy Luar mengakses pendidikan di PKBM Kencana Ungu yaitu, pilihan rasional berdasarkan budaya belajar calistung, pilihan rasional berdasarkan status sosial dan pilihan rasional berdasarkan pola pikir. Preferensi-preferensi tersebut pula membawa dampak pada beberapa aspek kehidupan masyarakat Suku Baduy Luar, yaitu dampak pendidikan, dampak sosial budaya, dampak ekonomi dan dampak psikis. Pada penelitian ini dianalisis menggunakan Teori Pilihan Rasional James Coleman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rakhmat Hidayat. Ph.D ; 2). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 06:11 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 06:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21719 |
Actions (login required)
View Item |