EFEKTIVITAS METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN BERBICARA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI SMA BUDAYA JAKARTA

Agung Suharso, . (2019) EFEKTIVITAS METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN BERBICARA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI SMA BUDAYA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (298kB)
[img] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (12kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (10kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (464kB)
[img] Text
lembar pernyataan.pdf

Download (117kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (152kB)

Abstract

Menurut wawancara dengan Guru bahasa Jepang SMA Budaya Jakarta siswa memiliki permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Khusunya berbicara yaitu karena pelafalan dan intonasi bahasa Jepang yang terdengar asing dan aneh jadi siswa menjadi kurangnya rasa percaya diri saat berbicara menggunakan bahasa Jepang. Berdasarkan masalah yang sudah dipaparkan di atas penelitian ini menggunakan metode brainstorming dalam pembelajaran berbicara di kelas. Metode brainstorming suatu cara mengajar dengan memberikan permasalahan kepada siswa agar siswa berani mengungkapkan pendapatnya sehingga memperoleh satu kompetensi tertentu.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas metode brainstorming dalam pembelajaran berbicara Bahasa Jepang pada Siswa SMA Budaya Jakarta ,mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode brainstorming dalam pembelajaran berbicara pada siswa SMA Budaya Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah SMA Budaya Jakarta tahun ajaran 2017/2018 dengan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes lisan berupa wawancara dan tertulis berupa angket. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode brainstorming dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang di SMA Budaya Jakarta terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 44,5 nilai rata-rata posttest sebesar 71,4, hasil penelitian berdasarkan pada taraf signifikansi 5 % pada pada derajat kebebasan (db) = 43 maka didapatkan ttabel sebesar 2.01. Dengan hasil thitung 2.5 berarti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel) sehingga HK diterima dan HO ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa metode brainstorming efektif dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih, M. Hum., M. Ed ; 2). Tia Ristiawati, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 09 Dec 2021 06:04
Last Modified: 06 Jul 2022 03:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21774

Actions (login required)

View Item View Item