PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN BERBASIS PENDEKATAN ESL (EKONOMI, SOSIAL DAN LINGKUNGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU TENTANG EKOSISTEM Studi Penelitian dan Pengembangan (R&D) di SLB C Jakarta Timur

IRAH KASIRAH, . (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN BERBASIS PENDEKATAN ESL (EKONOMI, SOSIAL DAN LINGKUNGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU TENTANG EKOSISTEM Studi Penelitian dan Pengembangan (R&D) di SLB C Jakarta Timur. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER DISERTASI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DISERTASI UTER IRAH 2019 OK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pendidikan lingkungan berbasis pendekatan ESL (Ekonomi, Sosial dan Lingkungan) dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang ekosistem. Pelaksanaan penelitian di Sekolah Luar Biasa yang menyelenggarakan pendidikan untuk peserta didik tunagrahita di wilayah Jakarta Timur. Metode penelitian menggunakan pendekatan R & D dengan model pengembangan Dick dan Carey. Sampel penelitian yaitu guru Sekolah Luar Biasa yang memberikan pembelajaran bagi peserta didik tunagrahita di wilayah Jakarta Timur berjumlah 70 orang guru. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Terdapat dua kelompok guru yaitu kelompok treatment terdiri dari 35 orang guru adalah kelompok guru yang membaca bahan ajar dan kelompok kontrol terdiri dari 35 orang guru yaitu kelompok guru yang tidak membaca bahan ajar. Pengetahuan guru diuji dengan mengembangkan tes benar-salah. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t untuk memverifikasi perbedaan dan efektivitas produk. Luaran produk berupa Bahan Ajar PLESL (bahan ajar Pendidikan Lingkungan berbasis pendekatan Ekonomi, Sosial dan Lingkungan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan guru tentang ekosistem secara efektif dan signifikan setelah membaca bahan ajar. Diharapkan guru dapat mengubah sikap lebih positif terhadap lingkungan. ********** This research was aim at finding out whether teaching material could be effective in improving teachers’ knowledge about ecosystem. R & D has been chosen by involving 70 teachers in Jakarta city as sample which was selected randomly. There were two groups that have been determined, one group was a group of teacher which has been reading an teaching material and other group of teacher as a control group. teachers knowledge has been tested by developing true-false test (36 items and only 28 items was valid with reliability of 0.901). Data has been analyzed by applying descriptive statistics and t-test for verifying it’s differences and effectiveness of the product. Research results showed that there was an effective and significant improvement of teachers’ knowledge after they learned those teaching material. Therefore, even though their statuses are as teacher, but they have a serious interest in reading and comprehending the material teacher as a product. This is one of the ways on how to change teachers knowledge and expecting changes in their attitudes toward environment which in the end, they would be more positive in their pro-environmental behavior.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Nadiroh, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Hafidz Abbas
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Lingkungan
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Dec 2021 06:11
Last Modified: 10 Dec 2021 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21788

Actions (login required)

View Item View Item