IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI MODEL SMART (Studi: SMPIT Nurul Fikri Depok)

Masruroh, . (2019) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI MODEL SMART (Studi: SMPIT Nurul Fikri Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (420kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (448kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (432kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (418kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (521kB)
[img] Text
11. a BAB I.pdf

Download (742kB)
[img] Text
11. b BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. c BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
11. d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini secara garis besar mempunyai dua tujuan utama. Pertama, untuk mengetahui bagaimana proses implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui model SMART. Kedua, untuk mengetahui bagaimana implikasi dari implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui model SMART. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan di SMPIT Nurul Fikri Depok, dimulai pada bulan Agustus sampai dengan awal bulan Desember 2018. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep yaitu budaya sekolah dan pendidikan karakter. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, serta wawancara dengan beberapa informan kunci yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Bagian Pengembangan Budaya SIT Nurul Fikri, Guru mata pelajaran, siswa kelas VIII, kemudian orangtua siswa sebagai informan pendukung dan 2 orang masyarakat sekitar sekolah sebagai triangulasi data penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa penerapan budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui model SMART di SMPIT Nurul Fikri Depok adalah dengan menerapkan kegiatan pembiasaan-pembiasaan yang rutin dilakukan setiap harinya seperti upacara bendera, Tilawah Al-Qur’an, Dhuha Call (Sholat dhuha), Literasi One Month One Book (OMOB) sebagai Reading Culture SMPIT Nurul Fikri, Research Culture, Bilingual Program dan REFRESH Attitude Culture. Keberhasilan SMPIT Nurul Fikri dalam rangka membentuk karakter siswa melalui implementasi budaya sekolah sudah berhasil membentuk 13 nilai karakter yang dikembangkan oleh Kemendiknas, nilai tersebut diantaranya nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, komunikatif/bersahabat, gemar membaca, peduli sosial, dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM, M.Si, ; 2). Devi Septiandini, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2021 06:13
Last Modified: 10 Dec 2021 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21789

Actions (login required)

View Item View Item